banner 728x90

HAB ke 75, Kemenag Tuban Peringati secara Sederhana

  • Bagikan

Reporter : Ahmad Fauzi

HarianJatim.comTuban-Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-75 Tahun 2021 Kabupaten Tuban, diperingati secara sederhana. Namun tidak mengurangi khidmad didalamnya.
Bertindak sebagai inspektur upacara Kakankemenag Tuban, dan diikuti dengan peserta sangat terbatas, sekitar 30 orang dengan menerapkan protokol kesehatan.

banner 728x90

Membacakan amanat tertulis Menteri Agama, Gus Yaqut Cholil Qoumas, Kakankemenag Tuban, Sahid, menyampaikan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama.
Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan
serta pusat pelayanan keagamaan.
Kedua, penguatan moderasi beragama, salah satu budaya toleransi dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Baca Juga :  PPG Prajabatan Unesa laksanakan Projek Kepemimpinan di SMPN 4 Bojonegoro

Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa
agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Usai membacakan sambutan, Kakankemenag Tuban mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua ASN.
Pelaksanaan upacara Peringatan HAB Kemenag tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.
“Pertama dilaksanakan secara terbatas karena pandemi yang masih berlangsung, kedua dilaksanakan tanggal 5 Januari, dari yang semestinya di peringati tanggal 3 Januari,” jelasnya.

Baca Juga :  PPG Prajabatan Unesa laksanakan Projek Kepemimpinan di SMPN 4 Bojonegoro

Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada 45 ASN penerima Satya Lencana, masa kerja 30 tahun yang diwakili oleh Rohmat Basuki dari Staff PHU, masa kerja 20 tahun diwakili oleh Kasi PHU, Umi Kulsum dan masa Kerja 10 tahun diwakili oleh Muawanah guru dari MI Rengel. Selain itu diberikan penghargaan kepada Abdul A’la, sebagai juara 3 lomba Penyuluh Agama Islam Honorer Teladan tingkat Jatim, Moh, Reza Habibi, dari MA Ashomadiyah Tuban, sebagai Juara 1 lomba Kepala Madrasah Berprestasi tingkat kabupaten Tuban, Siti Fatimah sebagai juara 1 lomba Guru berprestasi dari MTs Islamiyah Banat Senori, Sukoco, sebagai juara 1 lomba pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia tingkat kabupaten Tuban dari MTs N 2 Rengel dan Husni sebagai juara 1 lomba video pembelajaran tingkat kabupaten Tuban dari MTs Falahiyah Singgahan.

Baca Juga :  PPG Prajabatan Unesa laksanakan Projek Kepemimpinan di SMPN 4 Bojonegoro

Pria asli kota Pudak ini bersyukur ditengah pandemi namun ASN Kemenag tetap melakukan inovasi. Setelah pelaksanaan upacara dilaksanakan Khotmil Qur’an dan istighosah sebagai bentuk rasa syukur atas terselenggaranya peringatan HAB dan memohon kepada Allah supaya pandemi segera berlalu.

(Af/lai)

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280