Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Tuban Diresmikan

  • Bagikan

Reporter: Ahmad Fauzi

HariaJatim.comTuban-Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban meresmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Tuban, Selasa (09/02/2021) yang dibangun dari dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) tahun 2020

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban beserta Kasubag TU, Kasi, Penyelenggara Zakat Wakaf, Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pengadaan Barang, Pengelola BMN, Ketua APRI, Forkopimka, Lurah serta Kepala Desa se Kecamatan Tuban.

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Kemenag Tuban didampingi, Camat, Kapolsek, Danramil dan jajaran Forkopimka.
Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid, dalam sambutan pengarahannya menyampaikan rasa syukur karena di masa pandemi covid ini masih dikaruniai kesehatan sehingga mampu menjalankan tugas yang diamanatkan. Selanjutnya, Sahid mengingatkan agar sinergitas dan koordinasi KUA dengan instansi di tingkat kecamatan terus terjalin dengan baik.

Baca Juga :  Merakyat, Dewan Syuro PKB Minta DPP Beri Rekom Ke Sugiri Sancoko

Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Tuban ini dari dana SBSN senilai Rp. 1.042.742.979,-. Dipilih KUA Tuban karena berada di wilayah perkotaan, sehingga nanti bisa memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sahid juga menyampaikan terima kasih kepada KUA Kecamatan Tuban yang telah memberikan pelayanan sebaik baiknya kepada masyarakat.

Baca Juga :  Ponpes Nurul Jadid akan Terapkan ISO 21001: 2018

Pria humoris ini juga menyampaikan ada beberapa instruksi dari Kementerian Agama RI untuk menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan covid-19 dengan selalu mentaati 5M.

Terkait Edaran Gubernur tentang pencegahan perkawinan anak, bahwa UU Nomir 1 th 1974 telah direvisi dg UU Nomor 16 tahun 2019, bahwa usia nikah dari 16 tahun bagi wanita menjadi 19 tahun.

Upaya Kemenag Tuban yang dilakukan adalah mulai tahun 2019 telah melaksanakan bimbingan perkawinan (BINWIN) sebanyak 30 angkatan dengan 1500 peserta. Pada tahun 2020 ada 23 angkatan dengan membimbing 690 peserta dari calon pengantin. Akan tetapi Kemenag tentu saja tidak bisa bekerja sendiri, tetapi harus secara bersama-sama semuanya untuk berupaya mencegah perkawinan anak.

Baca Juga :  Momentum Hari Anak, Bupati Sugiri Bagikan Balon Tebarkan Semangat Optimisme

Sementara itu Kepala KUA Tuban, Moh. Rifqi, menyampaikan bahwa keluarga KUA Kecamatan Tuban sangat bangga bisa menempati kantor yang baru.

Rifqi menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan semua pihak khususnya Kepala Kemenag Tuban.

Ia berharap dengan kantor yang baru bisa lebih optimal dan lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan
SDM KUA bisa meningkat lebih baik dan lebih berkualitas.

(Af/Lai)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280