banner 728x90

Pendampingan Penyusunan Soal HOTS untuk Ujian Madrasah Jenjang MTs Di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Tahun 2021

  • Bagikan

Reporter: Ahmad Fauzi

HarianJatim.comTuban –Berdasarkan SK Dirjen Pendis No. 781 Tahun 2001 tentang petunjuk teknik penyusunan soal HOTS, maka Kemenag Tuban mengadakan pendampingan penyusunan soal HOTS ini yang dilaksanakan oleh MGMP Kabupaten Tuban di MTsN 1, Rabu (24/02).

banner 728x90


Dengan tetap pada disiplin protokol kesehatan, 30 peserta yang berasal dari tiga wilayah yaitu, Tuban utara/MTsN 1 Tuban, Tuban tengah/MTsN 2 Tuban dan Tuban selatan, berkumpul di satu ruangan di MTsN 1 Tuban.

Baca Juga :  Manfaatkan Libur Pesantren, FKS Situbondo Turun Edukasi Masyarakat

Kegiatan ini dibuka oleh Pengawas Madrasah, Latifatul Auniyah. Dalam sambutannya, Latif mengatakan assesmen di Indonesia diarahkan ke model assesmen HOTS dan contextual assesment, walaupun untuk menentukan kelulusan siswa, kita bisa fleksibel. Kita berkumpul disini sekarang ini dalam rangaka berdiskusi membuat soal HOTS untuk ujian madrasah kelas IX tahun 2021 ini.

“Walaupun namanya HOTS (Higher Order Thinking Skill) namun tidak semua soal harus HOTS. Tetap harus ada soal LOTS, MOTS dan HOTS,” jelasnya.
Pada acara ini juga turut hadir pengawas madya Kemenag Tuban, Ulfa Hayati Muzayanah.

Baca Juga :  Manfaatkan Libur Pesantren, FKS Situbondo Turun Edukasi Masyarakat

“Soal HOTS bukan soal yang sulit namun mengajak siswa untuk menalar pada sebuah materi yang kita berikan,” jabarnya sambil memberi contoh soal HOTS yang bersifat penalaran.

Baca Juga :  Manfaatkan Libur Pesantren, FKS Situbondo Turun Edukasi Masyarakat

Ulfa juga menjelaskan tentang materi esensial. Beliau mengatakan, materi esensial adalah materi yang bersifat UgReK (Urgency, Relevancy, Keterpakaian).

Kepala MTsN 1 Tuban, Tasmo, sangat mendukung kegiatan pembuatan soal UM ini. Harapannya, MGMP MTs Kabupaten Tuban ini harus terus berjalan lancar.

“Saya berharap bapak ibu dapat segera menyelesaikan pembuatan soal Ujian Madrasah ini tepat waktu,” ujar bapak dua putra dari Soko ini.

(Af/Susi)

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280