banner 728x90

Pembinaan Pesantren, ini Pesan Kakankemenag Tuban

  • Bagikan

Reporter: Ahmad Fauzi

Tuban-harianjatim.com. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir menyampaikan empat hal terkait EMIS (Education Management Information System) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

banner 728x90 banner 336x280

“Untuk mengolah Emis harus disiapkan sumber daya manusianya, kompetensinya, data yang dimasukkan harus akurat dan bisa dipertanggungjawabkan, sistem yang dipergunakan jelas dan memenuhi kriteria akademik,” ujarnya, Kamis (12/05/2022) dalam acara Pembinaan dan Evaluasi Pemutakhiran Data Emis semester Genap TP 2021/2022 pada Lembaga Ponpes, Madin dan LPQ.

Baca Juga :  Lepas Pulang Bersama Santri; Pesan Kiai Hamid Wahid; Jaga Akhlak dan Karakter Santri

Di hadapan 70 orang undangan yang terdiri dari operator Ponpes, PDF (Pendidikan Diniyah Formal), Pkpps, Madin,
TPQ, PAUDQ dan Ketua Forum Kabupaten, Munir panggilan akrabnya menyampaikan Pendidikan formal berbeda dengan pendidikan non formal. “Pendidikan non formal harus mempunyai semangat lebih untuk sejajar dengan pendidikan formal,” ulasnya.

Baca Juga :  Pesan Kiai Zuhri pada Santrinya Menjelang Liburan Pesantren

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kabupaten Tuban, Hadi Sarjono, menyampaikan seluruh Indonesia untuk update Emis Jawa Timur menempati urutan ke-9 di seluruh Indonesia. “Jadi masih banyak lembaga yang belum mengupdate Emis termasuk kabupaten Tuban, padahal nanti bantuan semua berbasis Emis,” ujarnya.

Baca Juga :  Dies Natalis GMNI ke-70: Buka Bersama & Silaturahmi Hangat di Gang Akasia, Bojonegoro

Dalam kesempatan ini pria asal Jenu ini menyampaikan beberapa informasi terkait PD. Pontren. Pertama mengenai afiliasi pondok pesantren dalam organisasi, NU, Muhammadiyah atau persis atau organisasi yang lain. Kemudian menyampaikan tentang aplikasi simba (sistem informasi manajemen bantuan madrasah diniyah dan pondok pesantren. Kemudian ada aplikasi sikap (sistem informasi moratorium PAUDQ dan rumah tahfidz).

(af/lai)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280