banner 728x90

Pastikan Jemaah Haji Tak Bawa Barang Terlarang, Bandara Juanda Siapkan 18 Personel Avsec

  • Bagikan
Mobil saat barada di depan Bandara Juanda (Foto : dok juandaairport.com).

Reporter: harianjatim

Surabaya-harianjatim.com. Bandara Internasional Juanda Surabaya menyiagakan 18 personel Aviation Security (Avsec) atau SDM keamanan berlisensi di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) untuk melakukan pemeriksaan kepada jamaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci.

banner 728x90 banner 336x280

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar di Sidoarjo, Selasa, mengatakan pihaknya juga menempatkan sejumlah peralatan untuk pemeriksaan keamanan.

“Peralatan tersebut diantaranya adalah 4 unit X-ray yakni 2 unit X-ray bagasi dan 2 unit X-ray kabin, serta 2 uniWalk Through Metal Detector(WTMD),” ujarnya.

Baca Juga :  Ratusan Hadiah Hiasi Anniversary Ke 1 Menajemen Teras Kota di Lapangan Sokosari

Ia mengatakan pemeriksaan keamanan jamaah calon haji di asrama haji penting dilakukan untuk mencegah adanya prohibited item yang terbawa jamaah calon haji ke dalam pesawat udara.

“Dari sisi pelayanan di bandara, kami juga telah mengatur penempatan parkir pesawat dan pengaturan alur jamaah calon haji menuju pesawat,” tuturnya.

Untuk kelancaran dan ketepatan proses keberangkatan jamaah calon haji, kata dia, proses pemeriksaan keamanan, kesehatan, dan keimigrasian akan dilaksanakan di AHES.

Baca Juga :  Dukung Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, PMI Kabupaten Bojonegoro Terjunkan Ribuan Relawan kesehatan

“Jamaah calon haji yang telah selesai menjalani rangkaian pemeriksaan, kemudian dipersilakan untuk memasuki kendaraan bus yang akan mengantar menuju ke Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda,” tuturnya.

Setibanya di bandara, bus akan langsung dikawal menuju area apron serta kemudian jamaah calon haji dapat langsung masuk ke pesawat karena seluruh pemeriksaan jamaah calon haji dan barangnya telah selesai dilaksanakan di AHES.

Baca Juga :  Pesantren Harus Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0; Ini pesan Kiai Hamid Wahid

Tidak hanya menyiapkan pelayanan pemeriksaan keamanan di AHES, lanjut dia, Bandar Udara Internasional Juanda juga meningkatkan kategori Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) dari kategori delapan menjadi kategori sembilan.

“Syarat kategori sembilan mengingat untuk penerbangan haji akan menggunakan pesawat berbadan lebar Boeing 747-400,” tuturnya.


Baca Juga : Pengecekan Prokes Sesuai SOP di Bandara Juanda Tak Pernah Longgar

Ikuti informasi terkini melalui harianjatim.com.

Sumber: Antaranews.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280