banner 728x90

Prilaku Baru Konsumen dan Cara Antisipasi Setelah Covid-19

  • Bagikan

Surabaya, HarianJatim.com Ketua bidang perdagangan online Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) Jawa Timur, Muhlis yulianto Menyampaikan hasil diskusi persiapan pelaku Usaha Pasca covid-19 bahwa hasil survey memprediksikan virus covid-19 di negara indonesia akan berakhir dalam beberapa bulan kedepan.
Dihubungi via WhatsApp, Ia menjelaskan bahwa pemegang dan pelaku usaha harus mempersiapkan langkah kongkrit untuk meningkatkan daya saing usahanya, kemudian pelaku usaha harus mempelajari prilaku komsumen hal ini dikarenakn akan ada kebiasan baru mereka yang akan muncul setelah covid 19, (10/052020)
Sebagai pemilik usaha kuliner sate cak kumis dan usaha yang bergerak di bidang kebersihan (antar bersih), Muhlis yulianto mengatakan ada beberapa prilaku baru konsumen sejak wabah covid 19 melanda, dan hal ini ia prediksi akan berlanjut hingga beberapa bulan kedepan.
“Salah satu diantara prilaku konsumen yakni penggunaan teknkologi untuk memenuhi keperluan sehari-hari , misalnya makan. Selain itu prilaku lainnya adalah konsumen ingin pesanannya cepat sampai dan tidak merusak nilai produk,” imbuhnya.
Dengan adanya prilaku baru konsumen tersebut, persiapan bagi pelaku dan pemilik usaha pasca covid 19, yakni mempermudah proses pemesanan, ini dapat dilakukan dengan cara bekerja sama dengan penyedia aplikasi atau mempersiapkan jalur distribusi barang, oleh karenanya perlu analisa yg cermat untuk jalur distribusinya. “ya untuk mempermudah hal itu kita harus sigap, misalnya bekerjasama dengan peneyedia aplikasi atau menyipakan jalur distribusi.” Bebernya.
Kemudian lanjut Muhlis “Ada beberapa cara untuk mengatasi jalur pendistribusian, diantaranya dengan membuat gudang stok di setiap daerah atau bekerjasama dengan mitra di masing masing daerah dan usahakan jalur pemesanan menggunakan jalur satu pintu agar barang cepat sampai di tangan konsumen.”
Sugiharto, S. E., M. Si selaku Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Keanggotaan dan Hukum Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) Jawa Timur merespon baik kreativitas serta bentuk pemasaran yang dilakukan oleh saudara Muhlis di tengah wabah Covid-19 ini dan ia berharap kepada seluruh pelaku usaha yang lain juga memirkan hal kreatif, agar usahanya tetap eksis. (ZA)

banner 336x280
  • Bagikan
banner 336x280

Tinggalkan Balasan