Masyarakat Berbondong-bondong Mendatangi Kuburan, Ada Apa?

oleh -35 views
Terlihat antusiame masyarakat dalam membersihkan kuburan.

Sumenep Harianjatim.com. Membersihkan kuburan atau menurut bahasa setempat “Akosar” dilakukan secara rutin di setiap tahunnya oleh masyarakat Lebeng Barang Kec, Pasongsongan-Sumenep.

“Akosar” dilaksanakan pada saat menjalang Lebaran tepatnya pada hari ke-26 bulan Romadhan, mereka berbondong-bondong mendatangi kuburan dengan peralatan Cangkul, Sabit dan Kapak, untuk memotong rerumputan atau pepohonan yang berada diatas kuburan. Sehingga area pemakaman terlihat sangat bersih.

“Sebentar lagi Romadhan akan usai dan orang kubur akan disiksa kembali, dengan kegiatan seperti ini, orang kubur akan merasa gembira. Ujar Asmawi salah satu masyarakat setempat kepada Harianjatim.com, Selasa (19/05/2020).

Setelah melaksanakan sholat ied lebaran nanti, masyarakat setempat akan mendatangi kuburan kembali untuk melaksanakan doa bersama kepada para sesepuhnya. Mereka akan mudah mengenal batu nisan sesepuhnya karena sudah dibersihkan terlebih dahulu. Ujarnya.

Sebagai bentuk penghormatan kepada para sesepuh yang telah mewariskan harta bendanya kepada mereka, mereka memilih untuk membersihkan dan mendoakannya, karena dengan mendoakannya saja dirasa tidak cukup.

Tradisi ini sudah ada sejak nenek moyang mereka yang dilakukan secara turun-temurun hingga era milenial seperti sekarang ini.

Asmawi berharap, semoga tradisi ini tetap dilestarikan hingga nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *