banner 728x90

Kunjungan Sentra Produksi Gerabah Kedungsari, Senyum Desa Korwil Kediri Siap Mengawal Potensi Ekonomi Kreatif Desa

  • Bagikan

Harianjatim.com , Kediri, Senyum Desa Korwil Kediri berkunjung ke sentra gerabah Kedungsari Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Selasa, (23/06) d rumah bapak H. Kadir mereka berbincang-bincang terkait produksi industri nya gerabah dan sebaga potensi ekonomi kreatif desa.

H. Kadir merupakan salah satu pengarajin gerabah di antara 20 pengrajin di Desa Kedungsari. Beliau juga sudah menekuni usaha gerabah ini sekitar 27 tahun yang gerabah nya terbuat dari tanah liat dan sedikit dicampurkan dengan pasir. Hasil olahan tangan beliau berupa cobek, kendi, patung dan pot .

Sambil duduk dan melihat gerabah nya beliau mengatakan ” bahwa saya sudah sekitar 27 tahun mas menekuni ini , dan bahkan saya menjadi ketua paguyuban pengarajin gerabah di desa Kedungsari sini , saya juga mengajari ke rumah-rumah sekitar sini untuk bisa mengembangkan produksi potensi gerabah ini. Sayang mas, dari sekian beberapa tahun kami disni kurang begitu di sentuh oleh pihak pemerintah setempat , yah gini loh mas harapan saya pengarajin gerabah desa ini di bantu dan bisa di angkat. sehingga pengarajin disini merasa di perhatikan dan ini nantinya bisa mengangkat Desa Kedungsari sendiri, Ungkapnya.

Ichwan, ketua Senyum Desa Korwil Kediri mengatakan ” saya meliha di desa Kedungsari sini , ada sebuah potensi besar nanti nya yaitu sentral gerabah di kabupaten Kediri , karena apa di Kedungsari ini pengarajin gerabah ada sekitar 20 lebih di banding dengan desa lain hanya sekitar sekitar kurang lebih 10 pengrajin. Dan saya begitu bangga dengan pak Haji Kadir, beliaulah yang pengarajin satu-satunya berbeda dengan pengrajin lain nya, hasil olah tangan nya dari tanah liat bisa menyulap seni gerabah yang cantik , menakjubkan dengan bikin patung seperti bagong, naga , macan dan kendi yang di hiasi bunga-bunga. Ini merupakan suatu hal yang harus di perhatikan lebih terutama keinginan mereka bisa di berdayakan dan meningkatkan pasarnya”.

Kedepan Senyum Desa Korwil Kediri siap untuk mengawal potensi ekonomi kreatif gerabah di desa Kedungsari. Kebetulan juga wadah ini juga akan kolaborasi dengan lembaga lain dari aktivis Peneleh Kediri dan pihak UNP Kediri. Harapan mereka setelah kunjungan bisa berkontribusi di desa Kedungsari , sekaligus berusaha mengangkat pengrajin gerabah Kedungsari sebagai sentra gerabah Kediri.

H. Kadir pengrajin gerabah sekaligus seniman Desa Kedungsari.
banner 336x280
  • Bagikan
banner 336x280

Tinggalkan Balasan