Terima Napi Baru, Lapas Bojonegoro Siapkan Ruang Isolasi

oleh -47 views



Bojonegoro, HarianJatim.com
Setelah tiga bulan lebih tidak menerima narapidana baru, kini Lembaga Pemsyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bojonegoro mulai menerima napidana. Para napi baru itu disediakan blok khusus sebagai ruang isolasi sementara sebelum cimapur dengan napi lainnya.

Kepala Lapas Kelas IIA Bojonegoro Edy Saryanto mengatakan, telah menyiapkan mekanisme operasional baru dalam rangka menyongsong new normal. Sesuai dari arahan dari Kemenkumhan RI, mulai bulan ini, pihak Lapas mulai bisa menerima narapidana baru.


Menurut Edy, narapidana yang dapat diterima dan menghuni lapas adalah narapidana yang sudah diputus inkrah oleh Pengadilan Negeri. 

“Tahanan baru ini harus dinyatakan sehat, yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari gugus tugas penanganan covid-19 kabupaten setempat,” katanya, Selasa (23/6/2020)

Edy menjelaskan, sebelum masuk tahanan, narapidana baru harus melalui beberapa tahapan protokol covid-19 yang berlaku di lapas. Mulai dari mencuci tangan, masuk bilik disinfektan, pemeriksaan suhu tubuh, serta menempati blok isolasi mandiri di dalam lapas selama 14 hari, sebelum di masukkan ke blok bersama narapidana lainnya.

Edy Saryanto menambahkan, penerapan protokol kesehatan ini, penting dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan virus covid-19 di dalam lapas. Terhitung hingga sekarang Lapas Kelas IIA Bojonegoro, telah menerima 7 orang narapidana baru. Kapasitas kamar isolasi yang disiapkan oleh lapas sendiri mampu menampung sekitar 15 hingga  17 orang napi.

“Kalau penghuni blok isolasi sudah ada 11 orang yang sudah menempati,” katanya


Sementara itu, Lapas Kelas IIA Bojonegoro akan membuka kunjungan atau besuk. Namun, pihak Lapas Bojonegoro tetap memberikan aturan dengan jaga jarak dan ada bilik pertemuan untuk yang keluarga yang menjenguk.

“Untuk para napi dan pengunjung sendiri hanya di perbolehkan bertemu satu orang dan juga dengan batas waktu yang telah ditentukan kurang lebih hanya 15 menit,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *