Tahapan Coklit Pilkada, Bawaslu Ponorogo Temukan Banyak PPDP Tak Sesuai Prosedur

oleh -43 views

Ponorogo.HarianJatim, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ponorogo menemukan dugaan pelanggaran pada tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pilkada Serentak tahun 2020.

Dijelaskan oleh Anggota Bawaslu Ponorogo, Sulung Muna Rimbawan, dari tahapan yang dilaksanakan oleh PPDP di jajaran KPU tersebut, ditemukan dugaan pelanggaran bahwa PPDP tidak melaksanakan proses Coklit sesuai regulasi dan prosedur yang ada.

“Seperti PPDP hanya melakukan pendataan berdasarkan pengakuan anggota keluarga, padahal seharusnya dengan mengecek kesesuaian data yang ada di A-KWK dengan KK atau KTP.” Ungkapnya, Minggu (26/7).

Juga sering terjadi PPDP tidak pernah menanyakan adanya pengurangan ataupun tambahan terhadap adanya anggota keluarga baru dalam keluarga pemilih.

Pria yang membidangi Divisi Hukum, Data dan Informasi ini juga menyoroti penerapan protokol kesehatan saat proses Coklit, dimana diantaranya ditemukan penggunaan APD yang belum menjadi perhatian serius serta peralatan tulis dipakai secara bergantian antar pemilih tanpa dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah pemakaian.

“Ini juga menjadi salah satu fokus pengawasan jajaran Bawaslu, agar protokol kesehatan benar-benar menjadi perhatian petugas coklit dan masyarakat.” Tambahnya.

Atas temuan tersebut, kata Sulung, Bawaslu Ponorogo akan mengirimkan surat kepada KPU, guna menyarakan perbaikan terhadap proses yang berlangsung.

Ia pun juga berharap kepada masyarakat agar turut bekerjasama mensukseskan pelaksanaan Coklit dengan menyampaikan informasi yang benar serta menyiapkan dokumen seperti KK atau KTP sebagai bahan Coklit petugas.

“Utamanya kepada PPDP agar benar benar melaksanakan Coklit secara door to door tidak boleh ada 1 pun yang terlewati, karena ini berkaitan dengan hak pilih setiap warga negara.” Pungkasnya.

Sebagai informasi PPDP ini merupakan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih di jajaran KPU yang bertugas melakukan Coklit dari rumah ke rumah sejak tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *