banner 728x90

Wisata Alami Mata Air Sumber Lanang Ponorogo

  • Bagikan

PONOROGO, HARIANJATIM.COM – Air adalah kehidupan begitulah kira-kira menurut masyarakat yang berada disekitar Sumber Lanang. Sumber air alami yang terletak tepatnya didesa Plalangan kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo menjadi suplai air minum bagi warga sekitar. Tempatnya yang begitu rindang sering kali menjadi tujuan wisata lokal untuk sekadar nongkrong maupun selfi. Disisi lain Sumber Lanang menjadi tujuan spiritual masyarakat yang suka ngalap berkah dengan meditasi. Karena tempatnya yang cukup terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kota, maka dapat dijadikan tempat refresing untuk menenangkan diri. Masyarakat setempat mempercayai apabila mandi ditempat itu dapat menjadikan awet muda dan menyembuhkan berbagai penyakit. Masyarakat sekitar menjadikan sumber air itu untuk keperluan sehari-hari mulai dari mencuci, mandi bahkan mengambil air minum untuk konsumsi sehari-hari tanpa harus digodok terlebih dahulu. Sumber air itu pernah mau dibeli sama perusahaan air minum tetapi warga sekitar sumber menolaknya. Karena bagi mereka sumber air itu sangat berharga bagi kehidupan kedepannya.

Pada saat malam- malam tertentu seperti satu muharram atau satu suro menurut penanggalan jawa obyek wisata Sumber Lanang menjadi ramai sekali. Seperti malam satu suro 1442 kemarin ada yang dari kota Yogyakarta dan Solo. Mereka percaya dengan mandi diair Sumber Lanang dapat mendatangkan energi positif seperti mendatangkan rizki dan kesehatan.

Pada momen tertentu seperti Pilkada tahun ini banyak pejabat yang menyempatkan datang untuk tujuan tertentu
“kemarin ada juga salah satu mantan bupati ponorogo yang datang mandi disini terus mampir diwarung ini. ternyata bapak mantan bupati ponorogo. dan juga ada mantan caleg waktu itu sering datang kesini” tutur bu Kempin penjual warung.

Meskipun Sumber Lanang terletak didesa Plalangan akses untuk masuk harus melewati Desa Setono, karena satu-satunya jalan hanya lewat itu. Kebetulan juga berbatasan antara dua desa itu tepatnya Dusun Gondoloyo Kelurahan Setono Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Sebelum sampai obyek wisata air Sumber Lanang, didusun Gondoloyo ada makam bupati Ponorogo ke Sembilan. Bagi yang suka dengan wisata religi ini menjadi tempat menarik untuk dikunjungi sebagai tempat spiritual. (Sol)

banner 336x280
  • Bagikan
banner 336x280

Tinggalkan Balasan