Yudi Sumbogo : Dorong Pertumbuhan Ekonomi Merata, Semua Harus Sinergi

  • Bagikan

PACITAN,HARIANJATIM.COM – Guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata hingga meningkatnya peran di sektor Koperasi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (KUMKM), tentunya perlu menciptakan iklim usaha yang kondusif. Mengingat, UMKM tulang punggung perekonomian di Indonesia, termasuk di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Berbicara tentang iklim usaha kondusif, bagi Yudi Sumbogo, Calon Bupati Pacitan nomor urut 2 ini seakan tidak ada habisnya. Ide-ide kreatif hingga bagaimana langkah-langkah apa yang harus diambil seperti sudah terstruktur di kepala. Terlebih, ia memiliki pengalaman sebagai seorang pengusaha yang tentunya paham dan menguasai akan hal tersebut.

Baca Juga :  Sekda Edy: Jangan Percaya Calo CPNS-PPK

Hanya saja, saat menjadi Wakil Bupati Pacitan mendampingi Indartato (bupati saat ini), ruang gerak yang dimiliki Yudi Sumbogo sangat terbatas. Meski, ia bukan penentu kebijakan, namun tak sedikit idenya telah tertuang ketika membantu pemerintahan dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

“Menciptakan iklim usaha yang kondusif di Pacitan ini adalah sebuah tekad hingga bagaimana menjaga iklim usaha serta mengawal masuknya investor. Bahkan, dalam hal ini Pemerintah pusat juga telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan strategis,” ujar Yudi Sumbogo, Kamis (8/10/20).

Menurutnya, pertumbuhan industri kreatif yang tergolong dalam sektor UMKM memiliki perkembangan pesat di setiap tahunnya, yang secara otomatis akan menumbuhkan persaingan bisnis yang kompetitif. Sehingga, perlunya sinergi dari semua pihak termasuk optimalisasi koordinasi dan pendampingan.

Baca Juga :  Ketua DPRD Sumenep Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024

“UMKM ini memegang peranan cukup besar. Tetapi masih ada berbagai hambatan dan kendala, baik bersifat internal maupun eksternal. Sehingga, semua harus sinergi, baik pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam rangka menumbuhkan iklim serta pengembangan usaha terhadap UMKM agar mampu tumbuh, berkembang menjadi tangguh dan mandiri,” urainya.

Namun demikian, lanjut Yudi Sumbogo, di tengah pandemi saat ini, pihaknya sangat mengapresiasi para pelaku ekonomi, baik yang bergerak di bidang usaha makanan, minuman maupun kerajinan yang masih eksis bertahan demi mencukupi kebutuhan pokok.

Baca Juga :  Komisi III DPRD Sumenep Pantau Pembangunan Gadung Dewan Baru

“Saya salut kepada mereka (pelaku ekonomi). Di beberapa tempat saat konsolidasi dan mengunjungi pasar tradisional, saya lihat mereka itu sangat gigih, memiliki mental pengusaha yang patut diacungi jempol, tinggal bagaimana kita, pemerintah dan dunia usaha ini bersinergi, mendampingi serta sebagai jembatan bagi mereka. Semoga pandemi segera usai dan perekonomian dapat tertata kembali di era new normal,” pungkasnya. (Nay)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280