Kadin Sumenep Dukung Pembangunan Tol Trans Madura untuk Perbaikan Ekonomi

oleh -
Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur Hairul Anwar (Ist)

Reporter : Junaidi

Sumenep – Harianjatim.cm, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur Hairul Anwar mendorong pemerintah untuk segera merealisasikan pembangunan jalan tol Trans Madura. Hal itu sebagai langkah untuk perbaikan ekonomi di Pulau Madura.

”Beban jalan nasional sudah sangat berat, dan sempit, maka salah satu solusinya pembangunan jalan tol ini,” katanya.

Hairul meyakini pembangunan jalan tol nantinya akan memeprcepat jarak tempuh dari Sumenep-Surabaya, sehingga konektivitas semakin meningkat dan kopetitif sehingga meningkatkan ekonomi.

”Pengiriman barang industri semakin cepat, sehingga pertumbuhan ekonomi juga semakin padat,” jelas dia.

Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) kata Hairul, pertumbuhan ekonomi belum menunjukkan peningkatan yang signifikan, yakni dikisaran 5,6 persen. ”Bisa saja nanti jika jalan tol itu sudah dibangun pertumbuhan ekonomi meningkat hingga 4 persen, yakni dikisaran 8-9 persen,” jelas dia.

Pembanguan tol Trans Madura direncanakan akan dibangun dengan panjang sekitar 150 KM di sisi Utara Madura dari Kabupaten Bangkalan-Sumenep. Untuk menghindari knflik kata Hairul, pemerintah terlebih dahulu melakukan edukasi dan pendekatan agama kepada masyarakat. Itu pendting dilakukan untuk menghindari konflik saat pembangunan berlangsung.

”Mayoritas di Madura ini kan santri, maka perlu dilakukan sosialisasi, pasti itu diterima. Seperti pembangunan jembatan Suramadu dulu, awalnya ditolak, tapi akhirnya diterima oleh masyarakat,” pesan dia.

2 thoughts on “Kadin Sumenep Dukung Pembangunan Tol Trans Madura untuk Perbaikan Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *