banner 728x90

Empat Srikandi Bakal Dilantik jadi Kepala Desa di Kecamatan Ganding

  • Bagikan
Lima Srikandi Bakal Dilantik Jadi Kades di Kecamatan Ganding. (Foto : Ilustrasi/Radar Lombok)

Reporter : Junaidi

Sumenep – Harianjatim.com, Empat perempuan bakal dilantik sebagai kepala desa hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021. Pengambilan sumpah dijadwalkan pada 16 Desember 2021.

banner 728x90 banner 336x280

Empat srikandi desa itu diantaranya, R. Bashiratul Aini bakal dilantik sebagai kepala desa Bataal Barat dan Hayati sebagai kepala desa Rombiya Timur. Keduanya melanjutkan kepemimpinannya pada periode kedua.

Sementara Farhah dan Badriyah baru yang pertama terpilih sebagai kepala desa. Farhah bakal meneruskan keperintahan suaminya di desa Rombiya Barat. demikian pula Badriyah juga akan meneruskan kepemerintahan suaminya di Desa Ketawang Parebaan.

Farhah mencalonkan sebagai kepala desa setelah suaminya tidak lagi bisa mencalonkan karena telah tiga periode terpilih sebagai kepala desa. Sesuai atauran, maksimal masa jabatan kepala desa hanya diperbolehkan selama tiga periode.

Baca Juga :  Tujuh OPD di Sumenep Resmi Dijabat Pejabat Definitif

Pada pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 di Kecamatan Ganding diikuti sebanyak 7 dari 14 desa yang ada. Yakni Desa Rombiya Timur, Rombiya Barat, Bataal Barat, Ketawang Karay, Ketawang Larangan, Ketawang Parebaan dan Desa Gadu Timur.

Incumbent keluar sebagai pemenang di tiga desa, yakni Desa Ketawang Karay Hairuddin. Dia tercatat sudah tiga kali memenangkan perhelatan pesta demokrasi tingkat desa. Jumlah calon pada pemilihan tahun 2021 sebanyak tiga orang.

Baca Juga :  Pesan Kiai Zuhri pada Santrinya Menjelang Liburan Pesantren

Demikian Zaini sebagai kepala desa Ketawang Larangan. Dia sudah yang ketiga kalinya mendapat dukungan terbanyak dari pada rival poltiiknya. Jumlah calon pada pemilihan kali ini sebanyak dua orang. Dengan begitu dua kandidat ini tercatat sebagai pemenang sejati ditingkat desa.

Sementara Gufron Efendi baru yang ke dua kalinya memenangkan Pilkades Desa Gadu Timur. Dia berhasil mengunguli satu calon lain pada pemilihan kepala desa yang digelar pada 25 November 2021.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Moh. Ramli mengatakan, pelantikan kepala desa terpilih bakal diikuti sebanya 88 Kades terpilih yang akan dilantik, 84 hasil Pilkades serentak dan 4 orang hasil pemilihan pergantian antar waktu (PAW).

Baca Juga :  Diaspora Mudik 2024, Bupati Fauzi : Sebagai Ajang Silaturrahmi dan Tingkatkan Ekonomi Pariwisata

Pengambilan sumpah jabatan akan dilaksanakan di Pendopo Keraton Sumenep. Direncanakan bakal dilakukan dua sesi, sebab masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Pelantikan dilaksanakan secara luring (ofline),” kata Moh. Ramli.

Baca Juga :

(Jd/Wait)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280