banner 728x90

Beda Dari yang Lain, DK Batik Sajikan Desain Unik dan Penuh Filosofi

Salah satu desain batik tulis madura hasil karya DK Batik. (Foto: for harianjatim.com)

Reporter : Junaidi

Sumenep – Harianjatim.com, Kabupaten Sumenep layak mendapat julukan sebagai kota batik, karena banyak pengrajin atau sentra batik tulis yang masih produktif dan bahkan terus berkembang.

banner 336x280

Salahsatunya Dhamar Kambhang Batik atau yang dikenal DK Batik. Usaha batik tulis Madura ini resmi dilaunching secara resmi pada 17 Romadlan
1441 H atau 10 Mei 2020 M di Desa Desa Matanair, Kecamatan Rubaru, Sumenep.

Meski lokasinya berada di pelosok desa, DK Batik memiliki tenaga yang cukup mahir dan profesional mendesain batik tulis. Jelas, melalui tangan-tangan terampil itu dapat menghasilkan karya dengan kualitas sangat bagus dan mampu bersaing hingga pasar tingkat nasional.

“Jelas Lebih Barkelas” begitu slogan yang dimiliki pengrajin batik tulis Madura yang digagas oleh pasangan suami isteri Moh. Thoha dan Siti Nayyiroh Wildayati itu.

DK Batik hadir bukan sekedar bertujuan melestarikan budaya batik sebagai salah satu warisan budaya leluhur, melainkan juga menyuguhkan karya batik dengan desain yang artistik, unik, filosofis dan penuh makna.

“Bagi DK Batik, batik tidak lagi sebatas tetesan malam dan sapuan warna pada selembar kain, tetapi juga ingin menyajikan kisah yang tersurat, serta makna yang tersirat dalam desain-desain yang tertuang menjadi selembar kain batik,” kata Moh. Thoha.

Setiap helai kain yang dilukis tentu memiliki keistimewaan tersendiri. DK Batik memiliki tema atau topik tertentu. Tema dimaksud bisa berupa tema alam, sejarah, seni tradisi, lambang, cinta, religuisitas serta seluruh potret kehidupan manusia dan budayanya.

“Produksi DK Batik mulai pra pembatikan, pembatikan, pewarnaan dan finishingnya, melalui proses dan tahap pengerjaan yang cermat dan detail, bahan baku yang berkualitas serta melalui quality control yang ketat sehingga menghasilkan karya batik berkelas,” urai Thoha.

Banyak motif yang diciptakan dengan corak warna dan kualitas bahan super tentu harga yang bersahat, seperti motif Bekka, Sora’ Labang Mesem, Ajurung, Pecot Joko Tole, Mekar Agung, dan Labeng Mesem, Malate Mekko, Jala Cinta, Lajar Pote.

Bagi pencinta batik tulis Madura, DK Batik bisa menjadi pilihan utama. Karena memiliki stok desian yang cukup beragam sesuai selera. Berikut stok desain DK Batik:

  1. Silver = Maksimum 12 pcs
  2. Gold = Maksmum 10 pcs
  3. Platinum = Maksimum 8 pcs
  4. Diamond = Makksimum 6 pcs
  5. Ultima. = Maksimum 4 pcs
  6. Prioritas. = Maksimum 2 pcs
  7. Excellent/Limited Edition = Desain dengan 1 pcs

Bagi anda yang berminat bisa pesan online melalui dkbatik.id, 082338341117 atau dengan datang langsung di Jl. Asta Tinggi RT. 005 RW. 002, Dusun Kaleleng Desa Matanair, Kecamatan Rubaru, Sumenep.

Artikel Terbaru :

Selalu simak berita terkini Harianjatim.com melalui kanal Telegram “Harian Jatim [dot] Com”. Klik https://t.me/harianjatim untuk bergabung.

(Jd/Wait)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

banner 336x280