banner 728x90

TP PKK Kabupaten Sidoarjo Gelar Capacity Building guna memumpuk Kekompakan dan Kerjasama antar Anggota

  • Bagikan
TP. PKK saat melakukan sesi foto bersama (Foto : ist)

Reporter : Lst

Sidoarjo-harianjatim.com. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola kegiatan 10 program pokok PKK Kabupaten Sidoarjo, terutama dalam mengoptimalkan rasa kekompakan dan kerja sama antar anggota TP. PKK Kabupaten Sidoarjo menggelar Capacity Building dan Pembahasan Reja Tahun 2023 seluruh Pengurus TP. PKK Kabupaten Sidoarjo, Bertempat di Shanaya Resort Malang, Rabu-Kamis (3-4/8/22). Turut hadir Kepala Dinas PMD Sidoarjo Mulyono, Sekretaris TP PKK Sidoarjo Khoirul Ummah S.Ag serta para pengurus TP. PKK Kabupaten Sidoarjo

banner 728x90 banner 336x280

Sekretaris TP PKK Sidoarjo Khoirul Ummah S.Ag mengatakan Tim Penggerak PKK merupakan pengelola gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dalam mendukung pembangunan yang memiliki kader dari tingkat pusat sampai tingkat desa/kelurahan dan Kelompok Dasa Wisma. Dimana Ketua TP PKK menjadi motivator yang tangguh untuk menyampaikan pesan pembangunan dan menggerakkan masyarakat agar melaksanakan 10 Program Pokok PKK.

Baca Juga :  Rumah Mewah di Sumenep Diberi Lebel Warga Miskin Penerima Bansos

“Pesan dari Ning sasha selaku ketua TP. PKK harus memiliki kemampuan dalam mempengaruhi dan memotivasi serta menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan 10 program pokok PKK serta mendukung program kerja pemerintah pusat dan daerah,” kata Ummah

Adapun tujuan Capacity Building yaitu untuk meningkatkan kapasitas dan menanamkan rasa percaya diri dan loyalitas seorang Tim Penggerak PKK sebagai fasilitator perencanaan, pelaksanaan, pengendali dan penggerak PKK di masing-masing jenjang demi terlaksananya 10 Program Pokok PKK.

Ditempat terpisah, Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj, Saádah Ahmad Muhdlor mengatakan pendidikan karakter/ Capacity Building merupakan pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada seseorang, yang didalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Baca Juga :  Lestarikan Budaya Reog dan Wayang Kulit , Komunitas Budaya Rengel Hibur Masyarakat jelang Buka Puasa

Capacity Building ini merupakan yang pertama kalinya. Pendidikan karakter sangat penting diberikan saat ini karena banyak ketua TP. PKK kecamatan, desa/kelurahan, yang baru.

“Capacity Building ini penting untuk menjadikan diri kita memiliki kepribadian, memiliki martabat dan pemimpin yang tangguh dalam memimpin organisasi,” kata Neng Sasha

Ny. Hj, Saádah Ahmad Muhdlor berharap dari pelatihan karakter/Capacity Building yang dilakukan anggota TP PKK Sidoarjo ini dapat bersinergi lintas koordinasi dari kabupaten, kecamatan, hingga ke desa dapat bersinergi dengan baik, serta menjadi pemimpin-pemimpin yang baik dan mengarahkan anggota PKK dan masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sidoarjo Mulyono mengatakan pembangunan sumber daya manusia dimulai dari pendidikan karakter, kumpulan watak dan sifat dari seseorang yang mempunyai ciri khas masing-masing. Pendidikan karakter yang diberikan kepada TP.PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan guna mendukung kegiatan TP. PKK.

Baca Juga :  Diaspora Mudik 2024, Bupati Fauzi : Sebagai Ajang Silaturrahmi dan Tingkatkan Ekonomi Pariwisata

Pendidikan karakter/Capacity Building merupakan pendidikan guna mendidik karakter anak-anak, mulai dari lahir hingga hingga dewasa, yang tercermin dari perilaku yang dilakukan. “Pendidikan karakter anak dimulai dari lahir, yang tercermin dari perilaku setiap hari mulai bangun tidur,” ujar Mulyono

Mulyono sangat mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo, serta dirinya berharap setelah selesai mengikuti pelatihan Pendidikan Karakter para peserta pelatihan dapat menerima materi yang diberikan dan mengimplementasikan apa yang sudah diperoleh kepada anggota PKK dan masyarakat.

Baca Juga :

(lst/Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280