banner 728x90

SMRC: Prabowo Paling Dikenal, Ganjar Paling Disukai

  • Bagikan
Prabowo Subianto. (Foto: banjarmasinpost.)

Reporter: harianjatim

Jakarta-harianjatim.com. Survei mutakhir Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Prabowo Subianto paling banyak dikenal oleh publik, sementara Ganjar Prabowo paling disukai. Temuan survei bertajuk “Trend Dukungan Bakal Capres pasca Deklarasi” dipresentasikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, melalui kanal YouTube SMRC TV pada Minggu, 27 November 2022.

banner 728x90 banner 336x280

Dalam presentasinya, Deni menunjukkan bahwa sampai saat ini Prabowo paling populer. Sekitar 95 persen warga mengaku tahu, kenal atau pernah mendengar nama Prabowo. Sementara Anies Baswedan dikenal 85 persen, Ganjar 75 persen, Puan Maharani 69 persen, dan Airlangga Hartarto 39 persen.

Baca Juga :  Tujuh OPD di Sumenep Resmi Dijabat Pejabat Definitif

baca: Survei SMRC: Ganjar Teratas, Prabowo dan Anies Bersaing Ketat di Posisi Kedua

Namun demikian, Deni menjelaskan bahwa temuan penting survei ini justru adalah tingkat penerimaan atau likeability bakal calon presiden. Survei ini menemukan Ganjar paling disukai dibanding tokoh lain. Dari yang tahu, Ganjar disukai 89 persen. Tingkat kedisukaan Ganjar ini lebih tinggi dibanding tokoh-tokoh lain seperti Prabowo (76 persen), Anies (75 persen), Airlangga (64 persen), dan Puan (45 persen).

Baca Juga :  Dinilai Sangat Peduli, Program Mudik Gratis Bupati Sumenep Dipuji Anggota Dewan

Deni menyatakan bahwa tingkat penerimaan Ganjar yang lebih positif menjelaskan mengapa dukungan kepada Ganjar sementara lebih tinggi dari bakal-bakal calon lain.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 November 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden. Response rate sebesar 1012 atau 83%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

Baca Juga :  Diaspora Mudik 2024, Bupati Fauzi : Sebagai Ajang Silaturrahmi dan Tingkatkan Ekonomi Pariwisata

Video presentasi temuan suvei SMRC bisa disimak di sini:


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280