Resmi Dilaunching, Berikut Filosofi Logo Hari Jadi Sumenep ke-755

  • Bagikan
Resmi Dilaunching, Berikut Filosofi Logo Hari Jadi Sumenep ke-755. (foto: ist).

Reporter: harianjatim

Sumenep-harianjatim.com. Pemerintah Kabupaten Sumenep meluncurkan logo Hari Jadi ke-755 Kabupaten Sumenep 2024 bertajuk “Sumenep Pentahelix” dengan simbol perahu dengan nama spirit of Majapahit.

Launching Logo disampaikan langsung oleh tim perumus dalam acara konser masa kejayaan di Taman Bunga Sumenep pada Sabtu malam di tengah-tengah masyarakat yang menikmati hiburan. 

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Kabupaten Sumenep, Bupati Sumenep Ach. Fauzi, Sekda Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh. Iksan dan sejumlah Pejabat Pemkab Sumenep.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudporapar) Sumenep, Moh. Iksan mengatakan, acara malam ini dalam rangka menggelorakan rangkaian kalender even 2023.

Iksan menjelaskan, logo hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke 755 tahun 2024 dengan tagline ‘Masa Kejayaan’ diambil dari replika kapal perahu yang memiliki nama Spirit of Majapahit, kapal tersebut dibuat di Pantai Slopeng, Sumenep pada abad ke 13 tepatnya pada tahun 2010 lalu, dengan misi untuk mengelilingi dunia.

Baca Juga :  Lindungi Petani, Bapemperda Dorong Revisi Perda Pembelian Tembakau

“Warga Sumenep patut bangga karena ketua tukang nya dari Sumenep asli, yang bernama Sapardi,” katanya.

Iksan juga menuturkan, anggaran dalam pembuatan kapal ini tidak diambil dari APBN atau APBD melainkan dari pengusaha Jepang.

“Panjang Kapal 20 meter dengan lebar 4.5 meter yang dibuat dari bahan kayu jati tua dari Kabupaten Tuban,” tutur iksan menceritakan.

Sementara untuk Anak Buah Kapal (ABK) kata Iksan sebagian diambil dari warga Sumenep asli sebanyak 5 orang asal Kepulauan Sapeken.

“Perahu itu dibuat di Pantai Slopeng Sumenep itulah yang menjadi alasan tim menjadikan sebagai logo Hari Jadi ke-755 tahun 2024,” kata Sekretaris Tim Perumus dan pembuat logo, Ibnu Hajar di Konser Masa Kejayaan, di Taman Potre Koneng, Sabtu (21/05/2023) malam.

Baca Juga :  Ketua DPRD Sumenep Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024

Pemerintah daerah pada Hari Jadi Kabupaten Sumenep 2024 mengusung tagline “Sumenep Pentahelix”, sehingga pada logo perahu terdapat beberapa warna, yang mempunyai makna filosofis bertujuan untuk membangun Kabupaten Sumenep secara kolektif.

“Pembangunan Kabupaten Sumenep dilakukan secara kebebasan dengan melibatkan berbagai unsur, dan perahu menjadi dasar logo Hari Jadi 2024,” tutur Ibnu Hajar. 

Ibnu Hajar mengungkapkan, logo perahu itu dibuat di objek wisata Pantai Slopeng 2010 oleh masyarakat Slopeng untuk mengarungi 8 Negara di Asia, dan pembiayaannya tidak melalui dana APBD maupun APBN melainkan oleh pihak ketiga.  

“Meskipun tanpa biaya APBD maupun APBN namun para pengusaha Jepang tergabung dalam Japan Majapahit asosiation (JMP) yang peduli untuk urunan dana membuat perahu tersebut,” terangnya.

Baca Juga :  Kisah Tukang Pijit Naik Haji, Nabung Rp10 Ribu Selama 24 Tahun

Peletakan Logo Hari Jadi ke-755 Kabupaten Sumenep 2024 disampaikan langsung oleh tim perumus dalam acara konser masa kejayaan yang menampilkan berbagai hiburan seperti musik tong-tong dan penampilan musik.

Pentahelix adalah kolaborasi 5 (Lima Unsur) unsur subjek atau pemangku kepentingan pariwisata, yaitu: Akademisi (Akademisi), Bisnis (Bisnis), Komunitas (Komunitas), Pemerintah (Pemerintah) dan Media (Publikasi Media).

“Tim dibentuk oleh Bupati Sumenep dengan Surat Keputusan Bupati Sumenep Nomor 188/168/KEP/435.013/2023 tentang Tim Perumus dan Pembuat Logo Hari Jadi ke-755 Kabupaten Sumenep Tahun 2024,” tegas Ibnu Hajar.


Baca Juga : Alasan Dewan Juri Perpanjang Sayembara Logo Hari Jadi Sumenep ke-754

Ikuti informasi terkini melalui harianjatim.com.

(red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280