Launching Program Nawa Cita, Ra Lilur: Bukti NBI Sejalan dengan Nilai Perjuangan NU dan Wali Songo

  • Bagikan
Kolase Foto HRM Khalilur R Abdullah Sahlawiy dan Logo NBI (Dok. Pribadi)

Surabaya – harianjatim.com Nusa Bangsa Indonesia (NBI) kembali menciptakan gebrakan berbasis kemasyarakatan yang dikhususkan untuk warga Nahdlatul Ulama’ (NU)

Selain berbagai program sosial dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), kini NBI secara resmi meluncurkan program yang diberikan nama Nawa Cita NBI atau sembilan cita (sembilan program).

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh HRM Khalilur R Abdullah Sahlawiy selaku Ketua Umum Nusa Bangsa Indonesia (NBI).

Dalam keterangannya, ia menjelaskan, bahwa program tersebut merupakan penyempurnaan dari program yang telah dicanangkan oleh Filantropi NBI.

Baca Juga :  Wawancara Khusus Devi Febriana, Koordinator Kelompok Kepentingan KPI Tuban

Adapun program-programnya yakni Program Beasiswa Pesantren, Beasiswa Mahasiswa, Beasiswa Kuliah dan Mondok Luar Negeri, Dakwah di Dalam Negeri, dakwah di Luar Negeri, pelatihan Para Dai NU, dan Penulisan Dasar Hukum Islam pada Amaliah-amaliah keseharian Warga NU.

Selain itu, program lainnya yakni Penulisan Buku-buku Islam dan Bansos Sembako NBI.

Terkait alasan Program Nawa Cita tersebut, pria yang akrab disapa Ra Lilur tersebut menjelaskan, bahwa Nawa Cita atau sembilan cita identik dengan Nahdlatul Ulama yaitu bintang sembilan, sehingga dapat menegaskan adanya bakti NBI kepada Nahdlatul Ulama.

Baca Juga :  Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Kapas kunjungi cagar Budaya Indonesia Candi Borobudur

Selain itu, Ra Lilur juga menuturkan, bahwa sembilan juga merupakan diketahui sesuai dengan jumlah Wali yang berdakwah menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, atau yang dikenal dengan Wali Songo (Sembilan Wali).

“Itu artinya apa yang dilakukan NBI juga sejalan dengan nilai-nilai dakwah atau perjuangan Wali Songo,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ra Lilur mengatakan, bahwa adanya 9 program andalan tersebut diharapkan lahir generasi-generasi muda NU yang memiliki SDM mumpuni, baik secara keagamaan atau secara kemampuan akademik.

Baca Juga :  Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Kapas kunjungi cagar Budaya Indonesia Candi Borobudur

“Ini juga sebagai upaya melahirkan da’i sebanyak-banyaknya dari kalangan NU yang bisa menebarkan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin, Islam Ahlussunah wal Jama’ah An-Nahdliyah ,” paparnya.

Kendati demikian, Ra Lilur mengatakan, bahwa kegiatan NBI yang telah berjalan akan tetap dilanjutkan, seperti halnya bagi-bagi sembako.

“Untuk kegiatan bagi-bagi paket sembako kita sudah jalan setiap hari Jumat di Kota Surabaya. Kalau untuk yang lainnya secara teknis nanti kita akan sampaikan lebih lanjut,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280