Pemprov Jatim Sambut Rencana Pembukaan Konsul Kehormatan Spanyol

  • Bagikan
Wagub Jatim dan Duta Besar Kerajaan Spanyol. (foto: Viva.com).

Reporter: harianjatim

Surabaya-harianjatim.com. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyambut baik rencana pembukaan kantor konsul kehormatan Spanyol di Surabaya sehingga dapat mempercepat kerja sama antarnegara.

“Banyak potensi untuk dikerjasamakan di antaranya pembiayaan infrastruktur melalui skema kerja sama antar pemerintah dan badan usaha atau KPBU terkait pendanaan dan studi kelayakannya,” kata Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dalam keterangannya di Surabaya, Selasa.

Pernyataan tersebut disampaikan Wagub Jatim ketika menyampaikan adanya peluang kerja sama saat menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Spanyol Fransisco Aguilera Aranda di Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya, Senin (29/5).

Baca Juga :  DPRD Sumenep Gelar Rapat Paripurna Raperda RPJPD 2025–2045

Doktor Ekonomi Pembangunan lulusan Universitas Ritsumeikan Jepang itu juga menyebut peluang pertukaran dosen.

“Mengingat bahasa Spanyol banyak digunakan di berbagai negara, maka peluang untuk pertukaran dosen sangat memungkinkan. Jika terjadi pertukaran dosen otomatis akan ada pertukaran budayanya juga,” ujarnya.

Lebih lanjut, Emil menandaskan rencana kerja sama tersebut perlu pemetaan teknis lebih lanjut dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait Pemprov Jatim.

Baca Juga :  M. Sholikhuddin Zuhdi Pengusaha Muda Nasional Nahkoda Baru BPC HIPMI Bojonegoro

Tercatat Indonesia dengan Spanyol telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1958, di antaranya menjalin kerja sama di bidang pertahanan yang dipertegas dengan nota kesepahaman antara Kementerian Pertahanan RI dengan Kementerian Pertahanan Kerajaan Spanyol di Jakarta yang diteken pada 13 Februari 2013 dan disahkan pada 2018.

Masih di bidang pertahanan, kedua negara telah menjalin kerja sama pendidikan sejak 2012 hingga 2021. Dalam kerja sama ini, sebanyak 19 personel militer Indonesia belajar di Spanyol.

Baca Juga :  Teladani Nabi Ibrahim, Achmad Baidowi Serahkan Hewan Qurban di 13 Kecamatan

Indonesia dan Spanyol juga telah bekerja sama di bidang industri pertahanan yang melingkupi alat utama sistem persenjataan (alutsista) matra udara dan laut.

“Kami percaya pemilihan pembukaan kantor konsul kehormatan Spanyol di Kota Surabaya melalui proses yang matang untuk membantu mempercepat kerja sama antar negara,” kata Wagub Emil.


Baca Juga : Hari Pahlawan, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Jawab Tantangan Ancaman Krisis Global

Ikuti informasi terkini melalui harianjatim.com.

Sumber: Antaranews.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280