Pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Dikukuhkan, Ini Pesan Plt Bupati

  • Bagikan
Plt Bupati saat memberikan bendera Pataka Karang Taruna kepada ketua Karang Taruna yang baru

Probolinggo, harianjatim.com – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengukuhkan kepengurusan Karang Taruna (Katar) Kabupaten Probolinggo masa bakti 2023-2028 di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Selasa (30/5/2023).

Pengukuhan ini dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Timur Agus Maimun, pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, organisasi keagamaan, organisasi profesi, organisasi kepemudaan serta Ketua dan Sekretaris Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Prosesi pengukuhan ini diawali oleh pembacaan SK Bupati Probolinggo oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo Mahbub Maliki selaku Pembina fungsional untuk susunan Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) dan Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kabupaten Probolinggo masa bakti 2023-2028.

Dilanjutkan dengan kata-kata pengukuhan dan pengucapan sumpah jani pengurus. Kemudian penandatanganan berita acara pengukuhan oleh Wabup Timbul dan Ketua FPKT Kabupaten Probolinggo Sigit Wida Hartono.

Kemudian dilakukan penyerahan bendera Pataka Karang Taruna dari Ketua Karang Taruna Demisioner Yunita Nur Laili kepada Wabup Timbul selaku Pembina Umum Karang Taruna Kabupaten Probolinggo dan diserahkan kepada Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo masa bakti 2023-2028 Sigit Wida Hartono.

Baca Juga :  Sekda Edy: Jangan Percaya Calo CPNS-PPK

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan sebagaimana amanat Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019, bahwa karang taruna merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari serta, oleh dan untuk generasi muda.

“Karang taruna memiliki tanggung jawab besar dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan permasalahan social. Oleh karena itu, saya mengajak para kader karang taruna Kabupaten Probolinggo untuk bersama-sama membangun sinergi dan kolaborasi dalam mewujudkan pembangunan di semua sektor kehidupan menuju Kabupaten Probolinggo bermoral, maju dan sejahtera,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, saat ini Kabupaten Probolinggo sudah resmi memiliki ibukota di Kota Kraksaan. Secara bertahap pusat pemerintahan telah dipindahkan ke Kota Kraksaan. “Disinilah karang taruna ini harus bisa mengambil peran bagaimana Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo bisa semakin maju dan menjadi pusat perputaran ekonomi masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Sumenep Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024

Lebih lanjut Wabup Timbul mengharapkan kepada pengurus karang taruna setelah dikukuhkan ini bisa terus bekerja dan berkarya dalam membangun bangsa dan negeri. Jangan pernah lelah untuk berjuang dan berinovasi.

“Kepada pengurus yang baru saja dikukuhkan saya berpesan, terus jalin hubungan kemitraaan yang baik dengan pemerintah daerah dalam rangka pembinaan generasi muda di Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo Sigit Wida Hartono menegaskan bahwa ke depan karang taruna harus dapat memberikan kontribusi yang lebih terhadap Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Hal ini karang taruna Kabupaten Probolinggo membutuhkan support dan dukungan pemerintah daerah sebagai mitra kerja strategisnya.

“Dalam waktu dekat akan dilakukan Temu Karya Daerah (TKD) tingkat kecamatan. Sebab kepengurusan karang taruna di tingkat kecamatan tidak lama lagi ini akan segera berakhir dan membantu membentuk kepengurusan yang baru di kecamatan. Ini bentuk sinergi dengan pemerintah daerah dalam membantu pemerintah dari segala program kegiatannya,” ujarnya.

Baca Juga :  Harkitnas dan Kerjasama Lintas Sektoral

Sedangkan Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Timur Agus Maimun mengungkapkan sesuai dengan Permensos Nomor 25 Tahun 2019 maupun AD/ART, posisi karang taruna jelas sebagai pilar sosial mitra strategis Pemerintah.

“Karena Pembina Umumnya adalah kepala daerah, jadi program karang taruna harus sejalan dengan program pemerintah. Oleh karena itu karang taruna menjadi satu-satunya ormas yang menjadi mitra strategis pemerintah,” ujarnya.

Menurut Agus Maimun, setiap persoalan pemerintah daerah harus disinergikan dan dilakukan bersama-sama. Sebagai mitra strategis pemerintah, maka keberadaan karang taruna ini harus mendapatkan perhatian dari pemerintah. “Dimana ada karang taruna, maka permasalahan kepemudaan bisa diantisipasi,” tegasnya.

Prosesi pengukuhan pengurus Karang Taruna Kabupaten Probolinggo masa bakti 2023-2028 ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Wabup Timbul, Sekda Ugas dan sejumlah pejabat, Forkopimda dan Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Timur Agus Maimun. (tfq)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280