banner 728x90

Saiful Mujani: 70,4 Publik Menganggap Demokrasi adalah Sistem Pemerintahan Terbaik, Tapi Hanya 58,9 Persen yang Puas pada Jalannya Demokrasi

  • Bagikan
Saiful Mujani: 70,4 Publik Menganggap Demokrasi adalah Sistem Pemerintahan Terbaik, Tapi Hanya 58,9 Persen yang Puas pada Jalannya Demokrasi. (foto: Ist).

Reporter: harianjatim

Jakarta-harianjatim.com. Sebanyak 70,4 Publik menganggap demokrasi adalah sistem pemerintahan terbaik, tapi hanya 58,9 persen yang puas pada jalannya demokrasi.

banner 728x90 banner 336x280

Demikian temuan studi yang dilakukan ilmuwan politik, Prof. Saiful Mujani, yang disampaikan pada program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Kinerja 25 Tahun Reformasi: Penilaian Publik” melalui SMRC TV pada Kamis, 1 Juni 2023.

Saiful menjelaskan bahwa menurut pelbagai studi, kalau masyarakat pada umumnya memiliki komitmen terhadap demokrasi, yakni mereka memiliki keyakinan atau sikap bahwa demokrasi, walaupun tidak sempurna, adalah sistem politik terbaik maka hal itu dipercaya akan memengaruhi kondisi demokrasi di negara tersebut. Kalau rakyat atau masyarakat Indonesia, dalam jumlah yang sangat besar atau mayoritas besar, itu yakin dengan demokrasi, maka hal itu akan membantu demokrasi di Indonesia untuk stabil.

Baca Juga :  Pesantren Harus Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0; Ini pesan Kiai Hamid Wahid

Selanjutnya adalah tentang penilaian publik tentang pelaksanaan demokrasi. Mayoritas merasa puas, itu juga akan jadi fondasi untuk legitimasi terhadap rezim dan pelaksanaan demokrasi di sebuah negara. Kalau tidak mayoritas atau kebanyakan masyarakat tidak puas, ini bisa menjadi masalah, misalnya demokrasinya bisa menjadi tidak stabil.

Dalam survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Mei 2023, ada 11,1 persen yang memilih pandangan bahwa apa pun sistem pemerintahan yang kita anut, demokrasi atau pun otoritarianisme, tidak ada bedanya. Ada 10,6 persen yang memilih pandangan bahwa dalam keadaan tertentu, sistem pemerintahan bukan demokrasi atau otoritarianisme bisa diterima untuk negara kita. Sebanyak 70,4 persen yang setuju dengan pandangan bahwa walaupun tidak sempurna, demokrasi adalah sistem pemerintahan terbaik untuk negara kita. Masih ada 7,9 persen yang belum menjawab.

Baca Juga :  Panwascam Soko Bersihkan APK Jelang Masa Tenang

Mayoritas publik Indonesia setuju bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan terbaik. Sementara yang kurang positif pada demokrasi hanya 21,7 persen. Ini, menurut Saiful, adalah modal kultural untuk bisa bertahannya demokrasi di Indonesia.

Dalam sebelas tahun terakhir, preferensi pada demokrasi mengalami peningkatan. Pada survei Juni 2012, hanya 56 persen yang bersikap positif pada demokrasi, sementara yang kurang positif sekitar 26 persen. Di bulan Mei 2023, sikap positif pada demokrasi ini meningkat menjadi 70 persen.

Lalu bagaimana penilaian masyarakat terhadap pelaksanaan demokrasi? Terdapat 58,9 persen publik yang merasa puas atau sangat puas terhadap pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Sementara yang merasa kurang atau tidak puas sama sekali sebanyak 34,7 persen. Ada 6,3 persen yang tidak menjawab.

Dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, tingkat kepuasan publik pada pelaksanaan demokrasi mengalami peningkatan dari 39 persen pada survei April 2004 menjadi 58,9 persen pada Mei 2023. Dalam kurun waktu itu, penilaian publik pada jalannya demokrasi mengalami fluktuasi. Pada sekitar Juni 2012, tingkat kepuasan publik pada jalannya demokrasi turun sampai 41 persen, lebih rendah dari yang menyatakan kurang atau tidak puas (51 persen). Di sekitar waktu itu sedang muncul isu pelemahan Komisi Pemberantasa Korupsi yang terkenal dengan isu “cicak dan buaya” dan kasus korupsi di kalangan elit partai Demokrat. Kemudian setelah pelaksaan Pemilu 2014 terjadi dengan cukup baik, evaluasi publik pada jalannya demokrasi kembali naik menjadi 69 persen. Sementara sepanjang pemerintahan Joko Widodo, tingkat kepuasan publik pada jalannya demokrasi rata-rata di atas 60 persen.

Baca Juga :  Polsek Ngambon Kawal Ketat Pendistribusian Logistik

Kebebasan Sipil

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280