Dinas PUTR Diminta Lakukan Uji Suhu dan Penghamparan Proyek Jalan Rp19 Miliar

  • Bagikan
Pekerja saat menegerjakan proyek senilai Rp.19 miliar. (Foto: harianjatim).

Reporter : harianjatim

Sumenep-harianjatim.com. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur diminta untuk melakukan uji suhu dan penghamparan sebeluam dilakukan pengaspalan oleh pihak kontraktor. Itu dilakukan untuk menjamin kualitas yang akan digunakan rekanan sesuai dengan bestek, sehingga kualitas pekerjaan jalan pertigaan Pasar Ganding-Lenteng Barat senilai Rp19 miliar lebih itu bagus.

Ketua Sumenep Corruption Wacth (SCW) Junaidi mengatakan, suhu yang digunakan dalam pengaspalan sangatlah penting. Sebab, suhu penghamparan aspal akan mempengaruhi kualitas di kemudian hari.

Sebab sambung Junaidi, suhu yang tidak sesuai dengan spesifikasi membuat ikatan antar agregat tidak akan maksimal saat penghamparan. Sehingga jalan akan cepat rusak.

”Demi menjaga kualitas, maka PPKo (Penjabat Pembuat Komitmen) harus melakukan uji suhu dulu,” kata Junaidi Pelor pada media ini.

Apalagi kata dia sesuai dengan petunjuk teknis, pihak rekanan diharuskan melakukan uji suhu dan uji penghamparan. Apalagi kata dia dalam juknisnya sangat jelas jika rekanan harus mengirim sample sebanyak 40 ton untuk dilakukan uji suhu dan hamparan kepada PPKo. “Itu harus dilakukan, jika tidak maka PPKo dianggap tidak mematuhi aturan yang ada,” jelasnya.

Sementara itu Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Sumenep, Salamet Supriyadi mengatakan, pihaknya akan melakukan uji gelar apabila dibutuhkan dikemudian hari. Sebab, kata dia dalam juknisnya uji gelar ketika dibutuhkan, maka PPKo akan meminta penyedia untuk melakukan uji gelar.

Sementara pihak ketiga yang akan ditunjuk untuk melakukan uji laboratorium kata dia yang menentukan adalah PPKo. “Entah itu ITS atau yang lain itu PPKo yang mentukan nanti,” jelas dia saat dikonfirmasi dikantornya beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, proyek dengan pagu Rp. 19.864.900.000,00 itu dikerjakan oleh PT Menara Inti Jaya Group. Perusahaan asal Sememi Gang 6 No. 50 RT 003, RW 004, Benowo Surabaya menjadi pemenang tender dengan penawaran sebesar Rp. 19.638.298.927,79. Sementara penagwas teknis adalah CV. Castella Consultant dengan pagu anggaran pengawasan sebesar Rp100 juta.

CV yang beralamatkan di Perum Bima Regency Blok D.15 Marengan, Sumenep ini merupakan satu-satunya peserta lelang dan ditetapkan sebagai pemenang dengan nilai HPS Rp. 99.982.140,00.


Ikuti informasi terbaru bersama harianjatim.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280