Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) di MIN 2 Tuban

  • Bagikan

Reporter: Ahmad Fauzi

HarianJatim.comTuban-PKKM merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya. Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan enam komponen penilaian. Enam komponen penilaian tersebut adalah kepribadian dan sosial, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kependidikan, dan hasil kinerja kepala madrasah.

MIN 2 Tuban Pada hari Rabu (11/11/2020) Tim Penilai Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) mengadakan penilaian kinerja tahunan kepada Ahmad Hudan Mabruri, S.Pd, M.Pd. selaku kepala MIN 2 Tuban.

Baca Juga :  Wawancara Khusus Devi Febriana, Koordinator Kelompok Kepentingan KPI Tuban

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah dilaksanakan oleh dua orang pengawas dasar Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Rengel dan Plumpang, Drs. Masrukin, MA dan Pengawas PAI Madrasah Ibtidaiyah Drs
.Mudjaekun yang berlangsung di ruang Kepala Madrasah

Kegiatan PKKM dimulai dengan acara pembukaan dimana Hudan Mabruri selaku kepala madrasah memaparkan secara garis besar mengenai kondisi madrasah yang dipimpinnya. Selanjutnya ia meminta arahan dari pengawas untuk perbaikan MIN 2 Tuban ke depannya.

Baca Juga :  Wawancara Khusus Devi Febriana, Koordinator Kelompok Kepentingan KPI Tuban

Masrukin Selaku pengawas madrasahmenjelaskan tujuan dari kegiatan PKKM. “PKKM periode satu tahun ini merupakan kegiatan pemotretan keadaan madrasah oleh pengawas.

Untuk mewujudkan madrasah yang baik, setiap program kerja baik yang dimiliki oleh kepala baiknya di dukung dan harus saling bekerja sama layaknya keluarga. Harus ada kesadaran untuk saling membantu dan mengingatkan apabila ada kesalahan,” jelasnya.

Setiap aspek dinilai berdasarkan kelengkapan dan keabsahannya melalui bukti-bukti yang berupa data, dokumen, kondisi lingkungan fisik madrasah, perilaku dan budaya madrasah yang dapat dikaji dan diamati. Penggalian informasi dari berbagai pihak yang terkait di madrasah seperti guru, staf TU, dan komite MIN 2 Tuban “ucapnya

Baca Juga :  Wawancara Khusus Devi Febriana, Koordinator Kelompok Kepentingan KPI Tuban

“Alhamdulilah acara Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun. InsyaAllah penilaian kami objektif sesuai dengan keadaan yang ada di MIN 2 Tuban. Semoga kedepannya dapat ditingkatkan kembali”, Pungkas Masrukin.

(Af)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280