banner 728x90

Bupati Tuban Lantik Pengurus FKUB Periode 2020-2025

  • Bagikan

Reporter : Ahmad Fauzi

HarianJatim.comTuban-Bupati Tuban melantik pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tuban yang baru periode 2020-2025 di Pendopo Krido Manunggal, Selasa (24/11/2020). Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Kapolres Tuban, Kasdim, Kesbangpol, Forkopimca, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Pimpinan Lembaga Keagamaan dan OPD terkait, termasuk Kemenag.

Dalam sambutannya Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus FKUB atas kerja samanya dengan Pemerintah. Beliau berharap dengan kepengurusan yang baru bisa lebih eksis dalam menjalankan tugas-tugas bersama.

“Mari bersama menciptakan kondisi Pilkada damai di Kabupaten Tuban, bergandeng tangan bisa rukun sehingga tercipta Tuban yang religius,” ujarnya.

Toleransi antar umat beragama di Kabupaten Tuban sangat bagus, mencapai angka 82. Nilai ini lebih besar dari angka nasional untuk bidang sama yang jumlahnya 74.

Bupati dua periode ini menyampaikan seluruh pengurus FKUB yang baru punya tanggung jawab yang besar. Yaitu, memastikan bahwa seluruh umat beragama di Kabupaten Tuban wajib menjaga kerukunannya.

Bupati Huda berharap, kondisi kerukunan dan toleransi beragama di Bumi Wali ini bisa dipertahankan. Melalui toleransi yang kuat akan tercipta hidup damai bergandengan tangan apapun agamanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban, Didik Purwanto, menyampaikan agar masyarakat bisa guyup rukun dan harmonis dalam kegiatan keagamaan apapun, bisa membangkitkan Kebhinekaan masyarakat Tuban lewat FKUB.

Ditemui secara terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid, juga mengapresiasi atas pelantikan ini.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus FKUB Kabupaten Tuban yang baru, semoga kedepan kerukunan umat beragama khususnya di Kabupaten Tuban terus-menerus meningkat indeks kepuasannya,” ujarnya.

Kemenag Tuban selalu memberikan support kepada FKUB. Jika sesama pemeluk antar agama bersatu dan tidak terpecah-belah maka itu sebuah lompatan peningkatan kerukunan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa termasuk dalam konteks agama.

Selain itu Sahid juga berterima kasih kepada pengurus sebelumnya. Dimana, seluruh kinerja dan tupoksi FKUB sudah dilakukan dengan baik.

“Tentu saja saya berharap dengan pengurus baru, seluruh kegiatan bisa dilanjutkan dengan baik juga,” ujarnya.

Setelah pengukuhan pengurus FKUB digelar Diskusi Panel dalam rangka cipta kondisi menjelang Pemilukada Tuban 2020, dengan narasumber akademisi dari Unair Surabaya, Djoko Susanto, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, Kasdim 0811 Tuban Mayor Teguh Prasetyo Wasis dan Ketua DPRD Tuban Miyadi.

(Af/lai)

banner 336x280
  • Bagikan
banner 336x280

Tinggalkan Balasan