banner 728x90

Pulang Kerja, Warga Prenduan Temukan Bayi

  • Bagikan
Penyerahan bayi yang ditemukan oleh warga Kecamatan Pragaan pada Dinas Sosial Pemekasan. (Foto : for hariankatim.com).

Reporter : Masrul

Sumenep – Harianjatim.com, Seorang karyawan swasta asal Sumenep menemukan bayi berjenis kelamin laki-laki di Desa Cen Lecen, Kecamatan Pakong, Pamekasan, Jawa Timur.

banner 728x90 banner 336x280

Kepala Puskesmas Pragaan H Abd Aziz mengatakan, bayi tersebut ditemukan oleh Midakir warga Dusun Cecce’, Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan, Sumenep saat pulang dari tempat kerjanya. “Ia ada penemian bayi,” katanya Sabtu.

Bayi tersebut kata dia, langsung diserahkan kepada petugas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (Poned) Puskesmas Pragaan. “Itu karena khawatir terjadi apa-apa terhadap kesehatan bayinya,” kata Aziz.

Setelah mendapatkan perawatan medis dan dipastikan dalam kondisi sehat, bayi tersebut diserahkan kepada Dinas Sosial Pamekasan pada Sabtu, (22/1/2022).

“Karena lokasi penemuannya masuk Kabupaten Pamekasan, maka kami serahkan pada Dinas Sosial Pamekasan,” kata Bidan Hj Marwati.

Nantinya kata Marwati, bayi tersebut akan diantarkan ke Pusat Perlingdungan Anak Terlantar di Sidoarjo untuk menjalani perawatan. Sebelum diserahkan, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Mohammad Nor Pamekasan.

“Paling sedikit 6 bulan atau maksimal 9 bulan bayi dirawat disana. Setelah itu baru bisa diserahkan kepada pihak yang akan mengadopsi,” jelas dia.

Sementara calon warga yang akan mengadopsi kata dia, harus memenuhi persyaratan sebagaimana atauran pemerintah. Sebelum resmi mengadopsi, terlebih dahulu dilakukan survie oleh Dinas Sosial. Itu untuk memastikan layak dan tidaknya orang yang akan menjadi orang tua bayi tersebut.

Kepala Desa Prenduan, Kecamatan Pragaan Eko Wahyudi membenarkan jika salah satu warganya yang menemukan bayi malang itu. Selain itu Eko juga membenarkan telah menyerahkan kepada pihak Dinas Sosial Pamekasan.

“Hari ini (Sabtu, 22 Januari 2022) saya bersama Kapolsek Pragaan dan dari Puskesmas Pragaan sudah menyerahkan kepada Dinas Soaial Pamekasan,” kata Eko menegaskan.

Artikel Terbaru :

Selalu simak berita terkini Harianjatim.com melalui kanal Telegram “Harian Jatim [dot] Com”. Klik https://t.me/harianjatim untuk bergabung.

(Msr/Jd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280