banner 728x90

Kenali Manfaat Gingseng Korea, Salah Satunya Bisa Tingkatkan Stamina Pria

  • Bagikan
Manfaat gengseng korea (foto : alodokter)

Reporter : Junaidi

Tips – Harianjatim.com, Tanaman gingseng sejak lama dikenal sebagai tanaman bahan jamu tradisional untuk kesehatan tubuh.

banner 728x90 banner 336x280

Ginseng merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang banyak ditemukan di negara-negara Asia, seperti Korea, Jepang, dan Tiongkok. Namun, tanaman ini juga dapat ditemukan di Amerika Utara.

Gengseng korea (Panax ginseng) memiliki senyawa aktif yang dinamakan ginsenosides. Zat ini baik untuk kesehatan karena mengandung sifat antiradang, antikanker, dan antioksidan.

Berikut manfaat Gengseng korea (Panax ginseng) :

  1. Mengatasi gangguan ereksi

Sebuah riset menunjukkan bahwa konsumsi suplemen atau obat herba yang mengandung ekstrak ginseng korea sebanyak 1.000 mg selama 8 minggu, dapat memperbaiki masalah disfungsi ereksi pada pria.

Studi tersebut menyebutkan bahwa ginseng dapat meningkatkan produksi senyawa oksida nitrat yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah pada penis, sehingga membuat penis lebih mudah ereksi.

  1. Meningkatkan stamina dan performa seksual pria

Tak hanya untuk mengatasi disfungsi ereksi, ginseng juga telah digunakan sejak lama untuk meningkatkan stamina dan performa seksual pria serta mengobati ejakulasi dini.

Selain untuk obat alami ejakulasi dini, ginseng korea juga berperan sebagai stimulan untuk kesehatan seksual pria dengan cara memberi energi ketika sedang kelelahan dan meningkatkan hormon testosteron. Ginseng korea juga bermanfaat untuk memperbaiki kualitas dan produksi sperma, sehingga bisa meningkatkan kesuburan pria.

  1. Meringankan gejala menopause
Insomnia dan Sakit Kepala, Tanda Perimenopause (Foto: gettyimages/medco)

Ginseng korea juga dimanfaatkan sebagai salah satu terapi alternatif untuk meringankan gejala menopause.

Studi menyebutkan bahwa wanita menopause yang mengonsumsi ekstrak ginseng korea berisiko lebih rendah mengalami masalah kesehatan terkait menopause, seperti penurunan hasrat seksual, berkurangnya kepadatan tulang, dan perubahan suasana hati.

  1. Memelihara fungsi otak

Para lansia lebih rentan mengalami penurunan fungsi otak, misalnya pikun dan sulit konsentrasi, karena faktor penuaan. Untuk mengurangi risiko terjadinya masalah pada otak, para lansia bisa mengonsumsi ginseng korea.

Studi menyebutkan bahwa ekstrak ginseng korea yang kaya antioksidan dan antiradang bermanfaat untuk memelihara fungsi dan kesehatan otak. Tanaman herba ini juga baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terjadinya masalah pada otak lansia, seperti demensia, penyakit Parkinson, dan stroke.

Manfaat ginseng ini bisa lebih maksimal, jika dikombinasikan dengan suplemen ginkgo biloba.

  1. Mengobati penyakit paru-paru

Ginseng korea diketahui memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antibakteri. Berbagai efek tersebut menjadikan tanaman ini baik untuk mengatasi masalah pada paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan bronkitis akut.

Riset pun menyebutkan bahwa ginseng dapat mengurangi peradangan pada paru-paru dan memperbaiki perbaikan jaringan paru.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sama seperti ginseng amerika, ginseng korea juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ginseng korea ini baik untuk mencegah Anda terkena pilek atau flu.
Selain berbagai kondisi di atas, masih banyak manfaat ginseng korea yang diklaim baik untuk kesehatan, misalnya mengurangi risiko kanker dan mencegah diabetes tipe 2.

Itulah tentang manfaat genseng korea, tips ini dilansir dari alodokter.com. Meski demikian, berbagai klaim terkait manfaat ginseng korea tersebut juga masih perlu diteliti lebih lanjut.

Selalu ikuti berita terkini Harianjatim.com melalui kanal Telegram “Harian Jatim [dot] Com”. Klik https://t.me/harianjatim untuk bergabung.

(Alodokter/Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280