Bupati Tekankan Realisasi DD dan ADD untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

  • Bagikan
Bupati Sumenep saat memberikan sambutan saat Rapat Kerja Bupati Bersama Camat, Pendamping Desa dan Kepala Desa se-Kabupaten Sumenep. (foto: junaidi/harianjatim)

Reporter: Junaidi

Sumenep-harianjatim.com. Bupati Sumenep Achmad Fauzi menekankan realisasi penggunaan anggaran Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) difokiskan pada pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam rangka mempercepat pembangunan desa. 

“Pengelolaan DD maupun ADD yang dilaksanakan seluruh desa harus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Bupati di sela-sela Rapat Kerja Bupati Bersama Camat, Pendamping Desa dan Kepala Desa se-Kabupaten Sumenep, di Gedung KORPRI, Jumat (02/12/2022).

Bupati mengatakan, kepala desa sejatinya memanfaatkan DD untuk meningkatkan sarana dan prasarana, baik infrastruktur maupun peningkatan perekonomian masyarakat di setiap desa.

“Sehingga salah satu program dana itu, menyentuh kepada pemberdayaan ekonomi dan peningkatan SDM masyarakat,” jelas dia.

Di tengah Covid-19 saat ini, hendaknya DD dimaksimalkan untuk peningkatan perputaran ekonomi masyarakat, karena desa memiliki peran strategis sebagai kunci keberhasilan pembangunan daerah dan nasional.

“Program kegiatan pembangunan tingkat desa sebaiknya diselaraskan untuk mendukung pendapatan dan daya beli masyarakat, di antaranya dengan pemberdayaan para pelaku UMKM,” tuturnya.

Bupati mengharapkan, jajaran pemerintah daerah dan desa harus meningkatkan sinergitas sebagai satu kesatuan paradigma dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, terutama menyelesaikan persoalan mulai dari tingkat desa.

“Kepala desa harus mendukung program pemerintah daerah untuk mewujudkan kemajuan Kabupaten Sumenep dengan tagline Bismillah Melayani,” tegas dia. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Anwar Syahroni Yusuf mengatakan, kegiatan ini bertujuan membangun sinergitas penganggaran antara pemerintah, pemerintah daerah dan pemerintah desa dalam upaya percepatan pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Semoga kegiatan ini, bisa meningkatkan sinergitas pemerintah daerah dan desa untuk bergotong royong membangun Kabupaten Sumenep mulai tingkat desa,” harap dia.

Baca Juga : Melalui BPRS Bhakti Sumekar, Bupati Sumenep Berikan Pinjaman Tanpa Bunga

(Jd/Red).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan