banner 728x90

7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh di Musim Pancaroba

  • Bagikan
Ilustrasi pancaroba, peralihan musim dari kemarau ke penghujan. BMKG mengingatkan masyarakat adanya potensi cuaca ekstrem.(SHUTTERSTOCK/vitalez/kompas.com)

Reporter: harianjatim.com

Tips-harianjatim.com. Ptancaroba merupakan musim peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu dari musim kemarau ke penghujan, begitu pula sebaliknya.

banner 728x90 banner 336x280

Musim ini biasanya ditandai dengan cuaca yang berubah-ubah dan cenderung ekstrim. Misalnya saja, hujan disertai angin kencang, petir bahkan badai.

Nah, pada musim pancaroba biasanya kita dihadapkan dengan berbagai kemungkinan penyakit seperti flu, diare, demam berdarah, atau bahkan ISPA. Dimana hal ini berkaitan erat dengan sistem kekebalan tubuh kita.

Oleh karena itu, selain istirahat yang cukup dan rutin berolahraga, kamu juga harus meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat.

Berikut ini Harianjatim.com melansir dari Popmama.com telah merangkum informasinya untuk kamu, mengenai 7 makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh di musim pancaroba, dilansir dari Everyday Health. Yuk simak dan mulailah untuk mengkonsumsinya!

1. Makanan laut dengan kandungan asam lemak omega-3 untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan pada beberapa jenis ikan laut seperti salmon, sarden, dan makarel, terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menurut Erin Palinski-Wade, RD, CDCES, seorang konsultan di Swisse Wellness dan penulis buku berjudul “2 Day Diabetes Diet”.

Beliau juga menambahkan bahwa DNA (sejenis omega-3), dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih yang selanjutnya dapat membantu tubuh memperkuat sistem kekebalan. Bahkan menurut sebuah penelitian, efek ini berlangsung lebih cepat, yaitu dalam waktu seminggu setelah Anda meminumnya.

2. Makanan yang mengandung protein untuk mendukung sel darah putih melawan penyakit

National Institute of Health mencatat bahwa kandungan mineral seng yang berlimpah dalam tiram, unggas, makanan laut, daging sapi, dan domba, akan bekerja dengan protein dalam daging untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jenis sel kekebalan tertentu termasuk sel darah putih, umumnya tidak dapat berfungsi tanpa adanya mineral seng, menurut ulasan yang diterbitkan pada Desember tahun 2016 di Archives of Biochemistry and Biophysics .

Baca Juga :  Tujuh OPD di Sumenep Resmi Dijabat Pejabat Definitif

Jumlah protein harian yang direkomendasikan adalah 0,8 gram per kilogram berat badan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan tinggi protein setiap kali makan, untuk meningkatkan imun tubuh di musim pancaroba ini ya.

Protein, baik itu yang berasal dari daging tanpa lemak atau makanan vegan seperti tahu dan tempe, keduanya bisa dikonsumsi sebagai makanan peningkat imunitas lho.

Namun pilihlah protein tanpa lemak untuk menyehatkan jantung ya. Karena protein tanpa lemak memiliki 55 kalori, serta 2 hingga 3 gram lemak per porsi, demikian seperti dilansir dari National Heart, Lung, and Blood Institute .

3. Makanan kaya magnesium seperti cokelat hitam, bantu memperkuat antibodi

Vitamin dan mineral berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh kita. Tapi yang paling menonjol adalah magnesium, seperti dilansir dari sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2017 di Molecular, Genetic, and Nutritional Aspect of Major and Trace Minerals.

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari banyak komponen seperti antibodi, limfosit, dan makrofag, dimana semua ini bekerja sama untuk mengusir antibodi penyerang tubuh seperti virus.

Palinski-Wade menyatakan bahwa magnesium memainkan peran penting dengan meningkatkan fungsi masing-masing komponen tersebut.

Ada beberapa jenis makanan kaya magnesium yang bisa kamu konsumsi, diantaranya biji labu, bayam, alpukat dan beras merah, seperti dilansir dari Cleveland Clinic .

Namun menurut Departemen Pertanian AS , cokelat hitam juga termasuk dalam makanan kaya magnesium. Ini karena dalam 100 gram cokelat hitam, mengandung sekitar 65 mg magnesium.

Tapi, jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya ya. Karena dalam 100 gram cokelat hitam mengandung 170 kalori.

4. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti buah jeruk dan sayuran hijau

Vitamin C dikenal bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta melindungi tubuh dari stres oksidatif. Tentunya ini sangat bermanfaat ya, apalagi di musim dengan cuaca yang tidak menentu sekarang ini.

Baca Juga :  Rumah Mewah di Sumenep Diberi Lebel Warga Miskin Penerima Bansos

Menurut penelitian, stress oksidatif terjadi ketika ada ke xixixiantioksidan sehat dan zat berbahaya yang disebut radikal bebas dalam tubuh kita. Stres oksidatif dikaitkan dengan peningkatan berbagai risiko masalah kesehatan, diantaranya stroke, kanker, dan diabetes.

Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti lemon, stroberi, blueberry, tomat, brokoli, paprika, serta sayuran hijau, seperti dilansir dari National Institute of Health.

Namun, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan kaya vitamin C dalam bentuk mentah ya. Ini karena vitamin C sangat sensitif terhadap panas, jadi proses memasak dapat mengurangi jumlah nutrisi yang dapat diserap tubuh, demikian menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada April 2018 di Food Science and Biotechnology .

5. Kacang-kacangan dan biji-bijan mengandung vitamin E, selenium dan magnesium untuk meningkatkan imun

Dilansir dari National Institute of Health, salah satu camilan yang mengenyangkan dan bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh kamu adalah kacang-kacangan atau biji-bijian.

Selain kaya magnesium, kacang-kacang dan biji-bijian juga kaya akan vitamin E, antioksidan yang telah terbukti meningkatkan kemampuan tubuh melawan bakteri dan virus.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda tak perlu mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Karena dalam satu pak kacang Brazil, sudah bisa memenuhi lebih dari 100% kebutuhan selenium harian kamu.

Selenium merupakan mineral penting yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Sebuah studi yang diterbitkan pada September 2018 di Nutrients mencatat bahwa, selenium memainkan peran penting dalam respon imun karena mikronutrien di dalamnya membantu mengatur fungsi sel kekebalan tubuh, serta menurunkan peradangan.

Tapi perlu diingat ya, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Karena meskipun sehat untuk tubuh, makanan tersebut padat kalori. Jika terlalu banyak mengonsumsinya, tentu akan berdampak pada peningkatan berat badan.

Baca Juga :  Diaspora Mudik 2024, Bupati Fauzi : Sebagai Ajang Silaturrahmi dan Tingkatkan Ekonomi Pariwisata

6. Bawang bombay dan bawang putih memiliki sifat antivirus

Bawang putih dikenal sebagai bahan rempah dengan aroma yang khas. Meskipun aromanya kurang banyak disukai, namun faktanya bawang putih punya manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu lho. Ini tak lepas dari sifat antivirus dan antibakterinya.

Sedangkan bawang bombay punya zat bernama quercetin , yang membantu tubuh merespon histamin dan punya sifat antivirus, menurut sebuah penelitian yang o pada Januari 2016 di Viruses .

Untuk meningkatkan sistem imun terutama saat musim pancaroba ini, kamu bisa nih mengonsumsi bawang putih sebagai tambahan menu makanan atau sebagai campuran saus.

7. Yoghurt membantu menyehatkan usus dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan

John Hopkins mencatat bahwa sebagian besar sistem kekebalan tubuh sebenarnya ada di saluran pencernaan. Artinya, untuk meningkatkan imunitas tubuh di musim pancaroba, kesehatan pencernaan harus diutamakan.

Nah, yoghurt jadi salah satu makanan yang mendukung kesehatan pencernaan lho. Ini karena yoghurt kaya akan probiotik, bakteri baik yang sangat penting untuk kesehatan usus Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Mei 2017 di Nutrients , para peserta tanpa masalah diabetes yang makan yoghurt setiap hari, mengalami peningkatan fungsi kekebalan tubuh daripada mereka yang tidak.

Tapi sebaiknya hindari mengonsumsi yoghurt dengan tambahan gula ya, pilih saja rasa tawar yang tentunya tanpa pemanis. Selain itu, kamu bisa juga nih mengonsumsi makanan yang dihentikan sebagai pengganti yoghurt, diantaranya kimchi, kefir, dan kombucha.

Demikian 7 makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh di musim pancaroba. 

Makanan sehat memang wajib dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun dan menyehatkan tubuh Anda, terutama di musim pancaroba ini. Tapi perlu diingat untuk tidak makan dalam jumlah yang berlebihan ya!.


Ikuti informasi terkini melalui harianjatim.com.

Sumber: popmama.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280