banner 728x90

Gaya Hidup Sehat Pada Zaman Modern

  • Bagikan
Ist

PENDAHULUAN

Di zaman yang modern ini, segala sesuatu berkembang dengan cepat dan membuat segalanya menjadi lebih mudah, baim itu dari masalah teknologi, Pendidikan, transportasi, ekonomi, dan lain sebagainya sudah sangat mudah untuk di akses, shingga sudah tidak aneh jika orang-orang yang hidup di masa ini memiliki pengetahuan wawasan yang lebih luas. Namun, jika dilihat dari gaya hidupnya, bisa dibilang gaya hidup orang zaman dulu lebih baik dan menyehatkan disbanding dengan gaya hidup orang-orang zaman sekarang. Beberapa factor yang menyebabkan gaya hidup dan fisik orang dulu lebih sehat dibandingkan orang-orang zaman sekarang bisa dilihat dari lingkungan sekitarnya. Gaya hidup modern menghadirkan dan menawarkan hal-hal yang praktis.

banner 728x90 banner 336x280

Gaya hidup sehat adalah sarana berharga untuk mengurangi terjadinya dan dampak masalah Kesehatan, mengatasi tekanan hidup dan meningkatkan kualitas hidup. Saat ini banyak bukti ilmiah bahwa gaya hidup merupakan peran besar dalam Kesehatan tubuh. Individu mempratikkan pola hidup sehat agar menjaga dan menumbuhkan kesehatan, termasuk pencegahan penyakit, kebersihan diri, menjaga kebugaran. Gaya hidup sehat mempertimbangkan semua aspek kondisi sesorang, tidak hanya dari segi pola makan, tetapi gaya hidup dan kesehatan seseorang merupakan hal penting yang menunjang segala aktivitas.

Pola hidup sehat sangat penting untuk keselamatan hidup. Hidup akan baik apabila kita memperhatikan kesehatan. Pola hidup sehat dasarnya mencakup beberapa hal dalam kehidupan sehari-hari, seperti makanan dan juga olahraga. Banyak orang tidak peduli dengan gaya hidup sehat mereka, gaya hidup semakin modern dan mereka memilih makanan cepat saji yang parktis dan bermalas karena tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur.

PEMBAHASAN

Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, cara hidup sehat tentu akan berubah. Saat ini, tren hidup sehat menjadi salah satu pilihan terpenting dalam masyarakat modern, kebanyakan orang menyadari pentingnya kesehatan dalam diri mereka. Setiap orang selalu ingin sehat tetapi yang praktis. Keselamatan kualitas hidup meningkat apabila tubuh dan pikiran kita yang sehat. Menjaga Kesehatan sangat mudah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Baca Juga :  Dinilai Sangat Peduli, Program Mudik Gratis Bupati Sumenep Dipuji Anggota Dewan

Pola hidup sehat merupakan menjaga atau melakukan hal-hal yang menunjang fungsi tubuh dengan cara yang bermanfaat bagi Kesehatan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk proses hidup sehat, sebagaimana menjaga pola makan sehat melalui pola makan, olahraga dan aktivitas positif. Dari hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan agar lebih positif. Dalam kegiatan sehari-hari, hal paling mudah dan susah untuk melindungi kesehatan yaitu dengan mengamati jumlah makanan dan minuman, dengan usaha yang baik daya tahan tubuh terjaga.

Menrapkan gaya hidup sehat tentunya dapat melindungi seseorang dari berbagai masalah kesehatan seperti infeksi bakteri dan virus. Gaya hidup sehat memperhitngkan semua aspek Kesehatan seseorang, tidak hanya dari segi pola makan tetapi juga kebiasaan gaya hidup. Kesehatan merupakan hal penting yang menunjang segala aktifitas. Lingkungan juga dapat berperan, terutama di zaman sekarang ini Ketika makanan cepat saji berlimpah dan semua orang menyukai makanan ini jarena sangat mudah didapat dan nyaman, makanan ini jika kita konsumsi tergolong berbahaya bagi Kesehatan dibandingkan dengan makana tradisional lainnya yang sangat mengkhawatirkan. Ketika banyak makanan cepat saji di dalam tubuh menyebabkan banyak gangguan penyakit. Seperti penyakit ringan bahkan penyakit berat, contohnya penyakit obesitas, jantung, tekanan darah tinggi. Berikut beberapa penerapan sederhana yang bisa kita terapkan untuk pola hidup sehat:

Baca Juga :  Rumah Mewah di Sumenep Diberi Lebel Warga Miskin Penerima Bansos
  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat Bergizi Seimbang

Jika anda masi memiliki kebiasaan makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji, mulailah mencatat makanan yang dikonsumsi setiap hari, itu bermanfaat untuk membatasi atau menambah asupan. Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih makanan organic, jika tidak, tidak ada bahan kimia yang masuk ke dalam proses produksi. Selain daging dan sumber karohidrat lainnya, anda harus makan buah dan sayur.

  1. Rutin Berolahraga

Berolahraga yang teratur dan tepat pada waktunya bisa memperkuat otot atau tulang dan memperlancar peredaran darah. Dimulai dengan olahraga yang tidak berat seperti jalan santai atau jogging luangkan waktu sejenak untuk olahraga minimal 15-30 menit setiap hari dan teratur.

  1. Mengendalikan Stres dengan Baik

Saat ini, di era yang semakin modern, tuntutan dan kebutugan tidak diragukan lagi lebih besar dari sebelumnya. Di zaman modern ini, cobalah untuk hidup lebih sangtai dan dinikmati, jangan terlalu khawatir denga apa kata orang negatif tentangmu.

  1. Meminum Air putih Yang Teratur

Memperbanyak minum air putih tidak lebih dan tidak kurang, minimal 6 hingga 8 hari sekali dan untuk menegluarkan racun yang ada pada tubuh anda, dan pastikan mengurangi minuman bersoda, kafein, dan alcohol.

  1. Rutin memeriksa Kesehatan

Salah satu rutin memeriksa kesehatan pasti sangat disepelekan dan dianggap acuh. Padahal salah satu yang gampang dari pola hidup sehat dengan rutin mengevaluasi kesehtan diri sendiri. Mendapatkan pemeriksaan Kesehatan merupakan sesuatu yang tepat untuk meninjau pola hidup sehat.

Mengalihkan rutinitas yang buruk sungguh tidak mudah, bukan hanya niat saja, tetapi dengan keseriusan untuk menguah pola hidup sehat. Selain itu, satu langkah saja tidak cukup untuk menjalani gaya hidup sehat di era modern ini. Konsisten juga diperlukan unrtuk berhasil menerapkan gaya hidup ini. Banyak yang harus diperhatikan jika ingin bebas dari penyakit di era modern ini. Terdapat sangat banyak kebiasaan-kebiasaan dan kegiatan yang meneynagkan namun belum tentu baik untuk tubuh kita. Gaya hidup yang tidak sehat dan berkurangnya kegiatan fisik membuat resiko kesehatan yang utama. Dengan adanya kemajuan teknologi pangan pada zaman modern ini, produksi-produksi meneglolah makanan semakin banyak varian rasa atau bentuk sehingga menjadi meningkat. Namun tidak hanya teknologi pangan tetapi keluasan teknologi, pola hidup sehat menghasilkan tubuh mudah terpengaruh serangan gangguan kesehatan. Hidup dengan menerapkan pola sehat menyebabkan banyak sekali manfaat yang didapat, seperti kesehatan mental, jiwa maupun raga.

Baca Juga :  Diaspora Mudik 2024, Bupati Fauzi : Sebagai Ajang Silaturrahmi dan Tingkatkan Ekonomi Pariwisata

KESIMPULAN
Pola hidup sehat sangat berharga dankeharusan yang sangat penting untuk perkembangan hidup manusia, saat ini banyak orang yang tidak memperhatikan gaya hidupnya terhadap dirinya sendiri, saling mengutamakan kesibukan yang lain. Pola hidup sehat bergantung pada banyak factor, pola hidup sehat banyak berpengaruh pada banyak factor. Banyak manfaat-manfaat yang akan kita dapat dari gaya hidup sehat dan dangat menguntungkan bagi kita. Semua orang membutuhkan aturan untuk menjadi sehat, jika tidak akan memiliki kehidupan yang acak. Untuk menikmati kebahagiaan dalam hidup ini ada syarat terpenting yaitu kesehatan jasmani maupun rohani. Salah satu takaran kesenagan dengan kita berhasil hidup sehat. Kesehatan sangat penting untuk kebahagiaan dalam hidup. Semua hal tersebut akan terwujud jika mau mengikuti gaya hidup sehat dan penerapannya.


Oleh: Delvi Ayu Aulia Madina Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280