Rekam Jejak Bupati Sidoarjo, Dikenal Anti Korupsi dan Kini Jadi Tersangka KPK

  • Bagikan
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor), usai menjadi pimpinan upacara hari jadi, Rabu (31/1/2024).(Kompas.com/Andhi Dwi)

Reporter: harianjatim

Surabaya-harianjatim.com. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Muhdlor sebagai tersangka korupsi.

KPK menduga Gus Muhdlor melakukan tindak korupsi dengan memotong dan menerima uang di lingkungan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo.

“Kami mengonfirmasi atas pertanyaan media bahwa betul yang bersangkutan menjabat bupati di Kabupaten Sidoarjo periode 2021 sampai dengan sekarang,” kata Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri, diberitakan Kompas.com, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga :  Komisi III DPRD Sumenep Pantau Pembangunan Gadung Dewan Baru

Menurut Ali, perkara dugaan korupsi terjadi di Sidoarjo berawal dari operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar pada 25 dan 26 Januari 2024.

Dalam operasi itu, KPK mengamankan 11 orang termasuk keluarga Gus Muhdlor. Namun saat itu, KPK baru menetapkan satu tersangka, yakni bendahara sekaligus Kepala Bagian Umum Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo, Siska Wati.

Baca Juga :  Pemkab Pamekasan Dorong Penguatan Modal UMKM Melalui SHT

Gus Muhdlor akhirnya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan keterangan dari para saksi, tersangka, dan alat bukti yang dikantongi penyidik. Bupati Sidoarjo itu diduga menerima aliran dana dari BPPB Sidoarjo.

Baca Juga :  MOU/KERJASAMA SMPN 1 KAPAS DENGAN SATLANTAS POLRES BOJONEGORO

Penetapan Gus Muhdlor sebagai tersangka dugaan korupsi cukup ironis mengingat Bupati itu pernah menyampaikan komitmennya mencegah praktik korupsi di lingkungan Sidoarjo.

Berikut profil dan harta kekayaan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali yang menjadi tersangka korupsi.

Profil Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280