Sederet Prestasi PD Sumekar, Mulai Penghapusan Piutang Ratusan Juta hingga Raih WDP

  • Bagikan
Direktur PD Sumekar Hendri Kurniawan. . (Foto : harianjatim)

Reporter: harianjatim

Sumenep-harianjatim.com. Banyak prestasi yang dicapai selama satu tahun PD Sumekar dipimpin oleh Hendri Kurniawan. Tidak hanya pembenahan adminitrasi internal perusahaan, melainkan juga terobosan dalam rangka pengembangan bisni untuk membuat perusahaan itu lebih baik.

Upaya tersebut tidak sia-sia, selama satu tahun menjabat PD Sumekar berhasil meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Kantor Akuntan Publik (KAP).

Tentu capaian prestasi tersebut menandakan banyaknya perubahan yang dilakukan, baik dari sisi manajemen dan pengelolaan keuangan serta kinerja yang lain.

“Kami terus melakukan pembenahan dari sisi manajemen. Saat ini PD Sumekar situs web yang bisa diakses masyarakat secara langsung,” katanya.

Selain itu PD Sumekar juga menyedikan layanan customer service selama 24 jam. “Masyarakat bisa memanfaatkan itu apabila ada kebutuhan dengan kami. Pasti kami layani sesuai aturan yang ada,” ungkapnya.

Bahkan sambung dia PD Sumekar saat ini telah telah terdaftar di e-Katalog. Hal itu dilakukan untuk mempermudah transaksi yang akan dilakukan antar instansi.

“Kami juga telah melakukan uapaya sebagaimana yang menjadi rekomendasi KAP, mulai dari renovasi kantor hingga perbaikan manajemen dan bangunan apotek,” urai Hendri.

Selain perbaikan manajemen, kata Hendri PD Sumekar juga berhasil melakukan perluasan dibidang bisnis. Saat ini PD Sumekar telah menjalin kerjasama bisnis dengan PT. Jatim Grha Utama sebagai manajer Depo dan Outlet tentang Penyediaan Minyak Goreng Curah.

Upaya ini dilakukan PD Sumekar dalam rangka pengendalian inflasi melalui sinergitas antar BUMD Se-Jatim.

“Saat ini PD. Sumekar sudah melakukan pendistribusian beras sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan Perbup (Peraturan Bupati) dengan melibatkan beberapa Gapoktan,” jaelas dia.

“Kami juga tengah menggodok mengenai realisasi PI (participating interest) bersama PT. PJS. Alhamdulillah sudah memasuki tahap akhir yaitu proses penandatanganan dari Kementrian ESDM,” ujar dia.

Bahkan sambung dia PD. Sumekar telah melakukan Penghapusan piutang sebesar Rp 330.638.997. Perinciannya dengan PT. Randu Putra Perkasa Nusantara sebesar Rp. 107.872.997 dan CV. Sejagad sebesar Rp. 222.766.000.

“Dengan PT Randu Putra Perkasa Nusantara kami diselesaikan pada tanggal 16 Novber 2023 lalu. Sedangkan dengan CV. Sejagad Penghapusan dilakukan pada 7 Mei 2024,” jelas Hendri.

“Kerugian perusahaan saat ini mengalami penurunan 57%, di tahun 2022 Rp. – 177.464.98 menjadi Rp. – 76.053.472 di tahun 2023 dalam laporan audit KAP,” tegas dia.

Terbaru PD Sumekar menerima laporan kinerja Wajar Dengan Pengecualian (WDP) Kantor Akuntan Publik (KAP).

Raihan tersebut merupakan yang pertama setelah beberapa tahun sebelumnya tim auditor tidak menyatakan pendapat atau Disclaimer of Opinion terhadap kinerja atau laporan keuangan yang dikelola salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini.


Ikuti informasi terkini melalui harianjatim.com.

(red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280