banner 728x90

Embarkasi Surabaya Berangkatkan Enam Kloter Jemaah Haji ke Tanah Suci

  • Bagikan
Jemaah Haji Bandara Juanda. (foto: primaradio.co.id).

Reporter: harianjatim

Surabaya-harianjatim.com. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya hingga (25/5/2023) telah berangkatkan 2648 Jemaah Haji dan 30 Petugas Haji. Mereka terbagi dalam 6 kelompok terbang (kloter). Kloter 4,5 dan 6 diberangkatkan ke tanah suci dengan maskapai penerbangan Saudi Arabia Airline pada Kamis (25/5/2023) dari Bandara Internasional Juanda Sidoarjo.

banner 728x90

Dari rilis Humas PPIH Embarkasi Surabaya Jumat (26/5/2023), ada dua jemaah kloter 4 yang merupakan pasangan suami istri asal Pamekasan yang tidak berangkat karena sudah sakit di daerah sehingga pasangannya memutuskan untuk menunda keberangkatannya juga. Sedangkan untuk kloter 5, ada dua jemaah yang juga berasal terpaksa tertunda keberangkatannya karena sakit ketika proses pengecekan di Asrama Haji sehingga pendampingnya juga ikut menemani. 

Baca Juga :  Halalbihalal Dengan Bupati Tuban, Kakankemenag Hadir Bersama Jajaran

Dari kloter 6, terdapat 3 jemaah yang tertunda keberangkatannya. 2 orang berasal dari Pacitan. Sakit sejak di daerah dan mendampingi. Sedangkan 1 orang jemaah berasal dari Pamekasan juga sakit sejak di daerah sehingga tidak bisa berangkat ke asrama haji. Akhirnya pendamping pun menunda keberangkatan nya. 

Baca Juga :  1.309 Calon Jamaah Ikuti Manasik Haji di Pamekasan

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram menjelaskan pada proses pengecekan barang bawaan, petugas masih menemukan jemaah haji yang membawa rokok melebihi 200 batang sehingga harus diamankan.

“Rokok tidak dilarang untuk dibawa ke tanah suci. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah jumlahnya tidak melebihi 200 batang, ” tuturnya. 

Baca Juga :  Legislator Minta Utamakan Formasi Guru pada Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Petugas juga masih menemukan barang-barang yang mestinya disimpan di bagasi tetapi disimpan di tas tenteng.

“Ada gunting, pisau, silet, gunting kuku, alat cukur dan paku,” ujar pria asal Gresik ini.  Pada Kamis (25/5/2023) malam, Asrama Haji Embarkasi Surabaya menerima kedatangan 2 kloter yakni 7 dan 8.


Baca Juga : Pastikan Jemaah Haji Tak Bawa Barang Terlarang, Bandara Juanda Siapkan 18 Personel Avsec

Ikuti informasi terkini melalui harianjatim.com.

Sumber: Kominfo Jatim

banner 336x280
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280