Temukan Beras Bermasalah, PD Sumekar Sediakan Ruang Komplain

  • Bagikan
Lebel beras ASN di Sumenep sebelum didistribusikan. (Foto : for harianjatim)

Reporter: harianjatim

Sumenep-harianjatim.com. Banyak beras untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur ditemukan bermasalah. Salah satunya ditemukan beras yang disalurkan oleh PD Sumekar itu bercampur ulat, sehingga dianggap kurang layak untuk dikonsumsi.

“Yang ada ulatnya katanya itu beras bulan januari pak, dan beras itu kami terima sekitar 2 minggu yang lalu pak,” kata salah satu penerima beras ASN berinisial B, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima media ini.

Beras untuk ASN merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Sumenep. Setiap bulan sejumlah ASN membelanjakan tambahan penghasilan pegawai (TPP) berupa beras dengan cara dikolektifkan.

Pemerintah Kabupaten Sumenep menunjuk PD Sumekar selaku salah satu Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMD) di Kabupaten Sumenep sebagai pengelola.

Sementara penyalurannya dulakukan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kemudian masing-masing OPD mendiatribusikan kepada penerima sesuai data penerima.

“Begini mas, kalau di kantor saya itu misal hari ini terima beras, maka langsung dibagikan agar dibawa pulang. Kenapa saya lakukan itu, karena beras ini tanpa pengawet, atau langsung beras petani. Jadi sangat rentan. Apalagi ditaruh di kantor yang ber AC sampai 3 hari, bisa rusak kan,” kata salah satu penanggubgjawan disalah satu OPD saat dikonfirmasi.

Direktur PD Sumekar Hendri mengatakan, beras yang disalurkan pada dasarnya sudah sesuai standarisasi yang telah ditetapkan. Namun, kata dia apabila ditemukan kualitas beras itu tidak sesuai, pihaknya memberikan kesempatan untuk mengadukan kepada PD Sumekar.

“Ada masa komplain selama 7 hari. Artinya kalau selama 7 hari kalau beras tersebut rusak, maka akan kami ganti,” kata Hendri.

Bahkan kata dia, setiap karung pihaknya telah memasang lebel arau stiker yang memuat nomer customer service PD Sumekar yang siap melayani selama 24 jam.

Bahkan, sambung dia apabila ditemukan ada beras yang bermasalah dan benar adanya, PD Sumekar akan langsung menggantinya.

“Kalau misalkan beras yang kami kirimkan rusak, tinggal mengkonfirmasi ke kami di nomer CS tersebut, dihari itu juga langsung akan kami kroscek,” jela dia.


Ikuti informasi terkini melalui harianjatim.com.

(red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 336x280